#AkberSMG53 "Belajar Sejarah Itu Asik"

Monday, October 28, 2013

Sejarah, setiap tempat pasti punya sejarahnya masing-masing. Begitu juga dengan Kota Semarang yang menyimpan berbagai macam cerita ataupun bangunan-bangunan bersejarah sebagai saksi bisu suatu peradaban. Mulai dari pemerintahan, pelabuhan, perusahaan, pabrik, kereta api, pendidikan hingga kesenian. Salah satu tempat yang menyimpan sejarah dan menjadi saksi peradaban kota Semarang adalah perusahaan kereta api pertama di Semarang yaitu Nederlands-Indische Spoorweg Maatshappij atau biasa disingkat NIS.




Perusahaan ini berdiri pada tahun 1857 dengan rute yang pertama Semarang-Tanggung sepanjang 25 Kilometer yang dibuka pada tanggal 10 Agustus di tahun yang sama. Selain NIS berdiri pula dua perusahaan kereta api. swasta yang lain yaitu Semarang-Joana toomtram Maatschappij (SJS) dan Semarang-Cherebon Stoomtram Maatschappij. Masuknya kereta api juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan tekhnologi penunjangnya, yaitu teknik rancangan bangunan. Hal ini bisa dilihat dari dibangunnya jembatan-jembatan kokoh melintasi perbukitan dan sungai di Pulaui Jawa.


Belajar sejarah juga tidak harus selalu membaca literature adakalanya bisa dengan mengunjungi secara langsung ke tempat atau bangunan bersejarah bahkan museum yang menyimpan benda-benda sejarah. Hal tersebut dilakukan selain bisa untuk menambah pengetahuan juga  bisa melihat lebih dekat  dan juga sebagai sarana rekreasi.

You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter