#AkberSMG46 "Build Your Brand"

Monday, October 28, 2013

Kelas #AkberSMG46 yang dilaksanakan pada hari Selasa, 16 April 2013 telah berjalan dengan lancar, seru dan peserta juga terlihat sangat antusias. Pak guru kali ini adalah @ayipbali dan @Handoko_H atau yang biasa kita sapa dengan Mas Han. Di kelas #AkberSMG46, guru kita berbagi ilmunya di bidang Branding, yaitu dengan tema “Build Your Brand”.



Seperti yang dikatakan oleh guru kita, bahwa brand bisa membangun sebuah conversation yang bermakna bagi fans / komunitas. Untuk memulai sebuah conversation dibutuhkan modal percakapan (conversation capital), merancang conversation di sosial media yang mampu memberi makna bagi audience sangatlah penting dan hal yang perlu diperhatikan di awal dari percakapan adalah biografi.

Di era saat ini, orang bisa melakukan sesuatu dari rumah, dengan memanfaatkan teknologi yang semakin maju. Blog/ website adalah cara termurah untuk mempromosikan diri sendiri (market yourself), dalam bahasan lainnya, terdapat statement “community is the brand”, artinya saat ini eranya adalah era komunitas. Sekarang ini bukan lagi yang besar mengalahkan yang kecil, tetapi yang cepat mengalahkan yang lambat.

Trend leverage : isu lingkungan bisa menjadi trend, dan masih banyak lagi. Kekuatan storrytelling sangat dahsyat di era digital ini. Storry telling adalah hal yang fundamental di era marketing saat ini. Contohnya adalah Mellisa dengan brand “Tulisan”, belajar dari kenangan masa lalu yang sarat dengan unsur tradisional bisa diciptakan sebuah ide baru yang menakjubkan.

Di era digital juga penting sekali ada kegiatan offline, seperti pameran atau kegiatan lainnya. karena saat ini eranya adalah membangun brand secara personal. Bangunlah storrytelling yang bagus, bikin, dan lakukan. Sebarkanlah story yang bermakna, karena sekarang ini adalah era sharing. You are what : you share, you choose, you follow. Share-lah sesuatu yg menjadi obsesi kita.


Dou it your culture. Start a company when you’re obsessed with an idea. Think small, big act. Kekuatan komunitas adalah kunci, dengan kata lain hal itu sangatlah penting. Ketika memulai membangun brand, tidak hanya dibutuhkan tulisan saja, tetapi dibutuhkan ide dan tulisan. Brand itu sendiri berperan sebagai kurator. Selain dengan storrytelling, sebuah brand bisa dibangun dari produk itu sendiri dan passion.


You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter