#AkberSMG47 Fotografi Jurnalistik

Monday, October 28, 2013

Sabtu kemarin, tepatnya tanggal 27 April 2013 kelas #AkberSMG47 telah usai dan berjalan dengan lancar, seru dan para peserta yang datang nampak antusias dengan tema ‘Fotografi Jurnalistik’ Pak Guru kali ini adalah Pak Sutomo, senior fotografer Suara Merdeka.


Berawal dari tak punya kamera Pak Tom mengawali karirnya. Motivasi pak Tom semakin bertambah ketika beliau mendapat juarahttp://akbersmg.wordpress.com/wp-includes/js/tinymce/plugins/wordpress/img/trans.gifnasional. Saat itu beliau mulai berfikir, jika sederhana apapun kamera kalau kita bisa mengoperasikan, menguasai teknik dengan baik akan menghasilkan gambar yang baik pula. Jadi buat kalian yang bercita-cita menjadi fotografer atau sekedar hobby, jangan minder karena kamera kalian jadul atau ga punya kamera, yang penting niat dan tekat yang kuat, kalian bisa mengatasi masalah kamera dengan meminjam.http://akbersmg.wordpress.com/wp-includes/js/tinymce/plugins/wordpress/img/trans.gif Di kelas #AkberSMG47 ini mas Tom lebih terfokus untuk sharing-sharing salah satu cabang fotografi yaitu foto jurnalistik. Foto jurnalistik dapat diketahui dengan menyimpulkan ciri ciri yang melekat pada foto yang dihasilkan. Ciri-ciri foto jurnalistik yaitu:


1. Memiliki nilai berita/menjadi berita itu sendiri

2. Melengkapi suatu berita /artikel
3. Di muat dalam media

Perbedaan foto jurnalistik dengan foto dokumentasi itu terletak pada pilihan, membuat foto jurnalistik berarti memilih foto mana yang cocok. Sedangkan foto dokumentasi itu mengambil foto dari awal sampai akhir. Sebuah foto dapat berdiri sendiri tapi jurnalistik tanpa foto rasanya kurang lengkap. Seperti yang kita ketahui jika foto dapat menyingkat waktu pembacanya untuk menyampaikan suatu berita karena foto merupakan salah satu media visual untuk merekam atau mengabadikan atau menceritakan suatu peristiwa. Pada dasarnya nilai suatu foto ditentukan oleh:
- Kejadian Luar Biasa
- Berhubungan dengan berita
- Aktualitas
- Promosi
- Kepentingan
- Human Interest
- Universal

Seorang fotografer harus bisa mengambil foto yang lain di samping atau selain foto utama, ini dapat membantu foto untuk berbicara tentang keadaan sekitar lokasi. Menjadi seorang fotografer jurnalistik juga tidak hanya harus mahir dalam hal fotografi, kamu juga harus bisa bersosialisasi dengan baik. Untuk kamu yang tidak sempat datang atau ingin mendapatkan file presentasi dari mas Tom, bisa di download di http://bit.ly/dasfotjurnalistik

You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter