#AkberSMG45 "Costumize Your Blog"

Monday, October 28, 2013

Customize Your Blog”, tema kelas #AkberSMG45 hari Kamis, 11 April 2013 lalu. Bersama Pak Guru @slammsr yang merupakan blogger sekaligus penggiat komunitas blogger Semarang di Komunitas Loenpia, Akberians diajak praktik secara langsung untuk meng-customize blog mereka. Bertempat di pelataran Gedung Wanita, malam itu Pak Guru @slammsr menjelaskan mengenai blog danhttp://akbersmg.wordpress.com/wp-includes/js/tinymce/plugins/wordpress/img/trans.gifapa pentingnya untuk kita meng-customize blog.




“Kenapa penting untuk mengubah tampilan desain blog? Karena ketika orang pertama kali membuka blog kita tentunya yang dilihat adalah tampilannya dong,” ujar penggemar olah raga bola basket dan lari gunung ini. Untuk permasalahan mengubah desain, portal penyedia blog yang paling mudah diutak atik adalah blogspot. Untuk penjelasan di dalam kelas #AkberSMG45 pun, Pak Guru @slammsr menjelaskan customize desain untuk blogspot. Langkah awal adalah dengan mengubah template. Template sendiri merupakan keseluruhan penampilan dari image kita di blog. Sudah pasti harus disesuaikan dengan karakter diri kita yang ingin kita sampaikan melalui blog itu sendiri.

Susah tidaknya mengubah template sendiri tergantung dengan keinginan kita. Apabila kita menginginkan template yang benar-benar sesuai dengan karakter blog tetapi tidak ada yang sesuai di antara pilihan template yang disupport oleh blogspot sendiri, maka mau tidak mau kita bisa mencari atau bahkan untuk yang mengerti dengan urusan coding bisa membuat template sendiri. Seperti kata Pak Guru @slammsr, “Template ada yang sudah disediakan dari blogspot sendiri. jadi untuk pemula bisa langsung memilih sesuai dengan yang diinginkan.”

Selain itu kita bisa memilih atau mencari template yang gratisan dari website yang menyediakan jasa free download template. Tentunya kita juga harus berhati-hati dalam memilih website yang menyediakan template ini, karena ternyata ada juga template yang terselip ‘bad script’ di dalam kode html-nya yang bisa mengambil data pribadi kita. “Yang paling aman tentu saja template berbayar, tapi ya itu, harus rela membayar lho!” tambah pak Guru @slammsr. Tapi ada beberapa syarat dalam memilih template yang tidak boleh dilupakan nih Akberians. Apa saja? Yang pertama adalah template harus eye catching. Jangan sampai template yang kamu pilih malah merusak pemandangan saat orang-orang berkunjung ke blogmu. Template juga harus unik dan berbeda dari template blog lainnya, selain sebagai penarik juga bisa menjadi identitas blog kita. Yang ke-empat adalah pertimbangan koneksi, jangan sampai template malah membuat blog kita jadi berat dan lama untuk dibuka.

Apalagi yang perlu diperhatikan saat memilih template? Choose your own colour! Carilah warna yang bisa menampilkan karakter diri dan blog, tapi jangan sampai bikin sakit mata orang yang mengunjungi blog lho. Kita bisa mengubahnya dengan membuka tab background dan memilih warna, tipe font dan ukuran yang akan kita pakai. Tipe font yang populer bagi para blogger adalah Arial. Jangan lupa juga untuk membedakan warna untuk link di konten.

Header juga bisa kita desain sendiri dengan mengganti desain dengan gambar yang telah kita buat. Ukuran header bisa disesuaikan dengan ukuran layar laptop, jangan sampai ukuran header terlalu besar sehingga membuat susah navigasi halaman blog. Selain itu, satu hal yang diingatkan oleh Pak Guru @slammsr adalah minimalisir widget! Terlalu banyak menggunakan widget yang tidak penting hanya akan merusak pemandangan dan membuat lemot blog kita. “Pilih widget yang berguna, seperti arsip atau kategori dan link mengenai informasi seperti link facebook, twitter, atau tumblr kita” ujarnya.


Kelas #AkberSMG45 pun ditutup dengan beberapa pertanyaan mengenai customize blog seperti mengubah alamat domain blog dengan membeli domain, penggunaan alamat email yang berbeda untuk membuat blog, dll. Satu pesan Pak Guru @slmammsr bagi Akberians: “Keep blogging!”

You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter