#AkberSMG55 "Traveling Murah, Why Not?"

Monday, October 28, 2013


Bicara soal traveling, pasti gak akan ada habisnya. Sapa sih yang gak suka traveling? Bagaimana sih traveling yang aman? dan yang selalu menjadi masalah ataupun kendala sebagian orang ketika akan traveling? Ya, budget. http://akbersmg.wordpress.com/wp-includes/js/tinymce/plugins/wordpress/img/trans.gifSebagian besar orang mungkin berpikir jika traveling selalu identik dengan menghabiskan uang atau bahkan ada yang beranggapan jika traveling itu mahal. Di kelas #AkberSMG55 kita bakal mengupas abis soal ‘Traveling Murah, Why not? bersama guru kita @arievrahman.



Traveling? traveling ternyata bukan hanya kegiatan yang kita bakal menghabiskan banyak uang untuk bermain main, berlibur , berhenti sejenak dari kepenatan rutinitas kita ataupun yang lainnya. Tapi traveling juga bisa digunakan sebagai media sharing seperti ketika kita telah melakukan suatu perjalanan kita bisa berbagi pengalaman yang telah kita lakukan kepada orang lain dengan menulis ataupun yang lainnya.

Sebelum kita belajar lebih jauh mengenai ‘Traveling Murah, Why not?’ guru kita bakal sharing soal bagaimana sih traveling yang aman? sebelum kita akan melakukan traveling hendaklah kita berpikir bagaimana keamanan kita saat melakukannya. Salah satunya mungkin dengan cara membuat planning sendiri untuk traveling tersebut, misalnya kita harus tau kemana tempat tujuan kita? Harus tau situasi ditempat tersebut?Mau ngapain disana? Serta membuat list barang barang yang akan dibawa dan packing. Komponen budget dalam traveling
1.     Penting : transportasi, akomodasi, konsumsi
2.     Gak penting : belanja, oleh-oleh

Permasalahan yang dihadapi: tidak bisa membuat budget plan, susahnya mengantur budget, gak punya budget
Tips menggunakan transportasi murah : pesan tiket jauh- jauh hari, sering-sering cek promo maskapai, kadang full board airlines juga menawarkan harga yang tak kalah murah dari budget airlines, pakailah transportasi publik lokal, seperti bus kota atau MRT dibandingkan taksi/travel, sering – sering jalan kaki

Tips menghemat konsumsi : cari penginapan yang termasuk sarapan dalam harganya, menggabungkan makan siang dan makan malam, membeli snack di convenience store juga dianjurkan sebagai bekal diperjalanan, fastfood bisa diandalkan jika pergi ke negara yang biaya hidupnya mahal misalnya Jepang dan yang terakhir adalah dengan puasa

Tips cara membuat budget plan : tentukan budget yang diinginkan.Misalnya ingin jalan – jalan ke Singapura selama 3 hari dengan uang satu juta rupiah ,membuat list aktivitas yang ingin dilakukan, mencari info (survey) biaya tiap aktivitas, serta sesuaikan dengan budget,bikin skala prioritas dan coret aktivitas yang tidak perlu.

Cara mencukupi budget saat akan melakukan traveling : menabung jauh – jauh hari sebelum keberangkatan, mencari penghasilan tambahan khusus untuk traveling serta mengurangi konsumsi harian demi berhemat serta jika ingin berpergian ke luar negeri sebaiknya cek dahulu kurs mata uang negara yang akan dituju, kemudian carilah money changer yang memiliki kurs paling bagus.
Selamat Mencoba ^_^

[A.M]

You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter