#AkberSMG 51 "Berani Jadi MC"

Monday, October 28, 2013

“Jadi MC bukanlah bakat dari lahir, jadi seorang MC merupakan kemampuan yang dapat dilatih dan dikembangkan” Yup, begitulah kata-kata guru kita di kelas #AkberSMG51 ini. Kelas pada hari Jum’at 21 Juni 2013 ini bertemakan “Berani Jadi MC” dengan mas Helmi dan mbak nessa sebagai gurunya. Menjadi MC bukan pekerjaan yang sulit, syaratnya adalahhttp://akbersmg.wordpress.com/wp-includes/js/tinymce/plugins/wordpress/img/trans.gifberani. Gugup merupakan hal yang menjadi hambatan terbesar dalam menjadi MC, kenapa anda merasa gugup? Lalu, bagaimana mengatasinya?


- Relax, karena gugup adalah akar masalah, jika kalian gugup, kalian bisa blank diatas panggung dan bisa menyebabkan awkward situation.
-  Siapkan materi, lalu berlatihlah dengan materi itu, latihan bisa didepan cermin, atau didepan teman-teman kalian.
-  Hilangkan noises yang ada dipikiran kalian, yang membuat anda merasa buruk adalah pikiran-pikiran dan dialog internal yang anda katakan pada diri sendiri, cara berpikir yang negatif telah menghancurkan kepercayaan diri
-  Kenali diri sendiri, ketahui kelebihan dan kelemahan kalian, tingkatkan kelebihan kalian dan kurangi kelemahan kalian.
Seorang MC harus dapat mengambil perhatian para audiens agar acara berjaan dengan baik, untuk itu kita harus mengenali siapa audiens kita, karena dengan mengetahui siapa audiens kita, kita akan bisa menyesuaikan bagaimana penampilan kita, bagaimana cara kita membawa acara, dll.
Perhatikan juga control suara kita, yang perlu kita perhatikan adalah:
-  Volume, atur volume, jangan terlalu keras jangan juga terlalu pelan.
-  Intonasi, penggunaan intonasi untuk menekankan suatu kata atau memberikan warna terhadap sebuah kalimat.
- Artikulasi, cara atau teknik penyebutan suatu kalimat berdasarkan suku kata dan konsonan yang benar, perhatikan artikulasi agar tidak terjadi miscommunication.
-  Speed, jangan terlalu cepat atau lambat, sesuaikan speed kita berbicara dengan audiens kita.
Jangan lupa untuk mempersiapkan hal-hal penting dalam menjadi MC, apa saja hal tersebut?
- Meeting with client, usahakan untuk bertemu dengan client kita sebelum menjadi MC diacaranya, meeting ini dapat membantu kita untuk mengetahui apa yang diinginkan dan diharapkan client, bisa menambah materi kita, mengetahui siapa audiens kita.
- Grooming, adalah penampilan seseorang, dimulai dari cara berpakaian sampai dengan tutur kata dan sopan santun. Grooming termasuk make up, kostum, hairdo, aksesoris, bagaimana kita membuat lelucon, tutur kata kita diatas panggung dan pembawaan kita. Groom bergantung dari acara da audiens.
- Ketahui tempat dan waktu acara, jangan sampai datang terlambat, usahakan datang 1 jam sebelum acara, untuk mengetahui situasi dilapangan dan persiapan lainnya.
-       Perhatikan rundown acara.

Hal terpenting dalam menjadi MC adalah SENYUM.
Materi presentasi dapat di download disini
#da


You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter