#AkberSMG75 Manajemen Stress

Wednesday, June 18, 2014

Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting (Wikipedia). Stres bisa dikarenakan oleh faktor lingkungan & faktor pribadi.


Stres berkaitan dengan passion. Seringkali seseorang mengalami stres diakibatkan karena dia mengalami kejenuhan dengan passionnya, atau bisa juga terjadi jika seseorang tidak bekerja secara total terhadap passion yang dia miliki.


Bagaimana cara membangkitkan passion? Ciptakan rutinitas yang seimbang antara bekerja, belajar dan beristirahat. Seimbangkan antara kesenangan/hobi dan tanggung jawab pribadi. Bekerja secara total terhadap passion yang kita miliki. Dalam sehari, seseorang bisa memainkan kurang lebih 20 peran.

Bagaimana cara menanggulangi stres?
a. Intervensi situasi hidup : Buatlah situasi hidup Anda menjadi kondusif dan nyaman, sehingga akan membangkitkan semangat Anda untuk bekerja.
b. Intervensi Persepsi : Memodifikasi cara berpikir Anda melalui persepsi yang baik. Tunjukkanlah bahwa Anda bisa sukses kapanpun dan dimanapun yang Anda mau.
c. Emosional dan Fisiologis Intervensi Gairah : mengelola cara tubuh menanggapi masalah dari yang paling sederhana hingga ke masalah yang paling rumit.


Mengapa seseorang berkecenderungan untuk stres? Karena manusia dihadapkan terlalu banyak pilihan sehingga manusia belum sempat untuk memfokuskan dirinya pada satu bidang yang dia anggap bidang itu memang bisa dia kuasai.

Perlukah manusia mengalami stres? Perlu. Stres dibutuhkan sebagai alat kontrol diri atas perilaku-perilau yang kurang baik. Dengan adanya stres, manusia diharapkan bisa berintrospeksi, memotivasi diri dan membenahi diri dari "zona amannya"

You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter