#AkberSMG76 - Bikin Bisnis Umur Panjang

Tuesday, September 09, 2014



Guru kelas #AkberSMG76 kali ini adalah mas Fresky. Beliau adalah pemilik sebuah distro yang cukup terkenal di Semarang, yaitu Districtsides. Yang unik adalah distro ini sudah berdiri pada tahun 2000an dan hingga sekarang masih terus eksis. Oleh karena itu, kelas Akber Semarang pada tema kali ini lebih menekankan bagaimana membangun bisnis yang “umur panjang”, karena sisi ini yang mungkin masih belum begitu dipahami oleh para pebisnis, terutama bagi orang yang baru awal-awal memulai atau start up bisnis. 

Kelas dimulai dengan cerita perjalanan bisnis mas Fresky. Di tahun 2000, bisnis distro belum begitu banyak ada di Semarang. Dengan modal terbatas dan keinginan kuat untuk membuat sesuatu yang baru, mas Fresky memulai usahanya di garasi milik ibunya yang berukuran 3 x 2 m. Saat itu beliau masih duduk di bangku kuliah, semester 5. Pada tahun itu juga kebetulan mas Fresky berkenalan dengan General Manager Puma Indonesa yang ingin melebarkan pasar di Semarang. Semenjak itulah beliau dipercaya menjadi salah satu distributor sepatu Puma wilayah Semarang.Walaupun menjadi distributor sepatu dari luar negeri, beliau dari awal tetap menjalan core bisnis nya, 80% produk lokal, 20% produk luar. Karena beliau percaya bahwa produk-produk lokal bisa bersaing dengan produk luar, asal dengan branding yang tepat. 
  


Memasuki tahun-tahun berikutnya tepatnya di tahun 2001-2004, bisnis distro ini semakin ramai di berbagai kota, pun di Kota Semarang. Alhasil pada tahun itu banyak bermunculan distro-distro yang menyebar di pusat-pusat kota, hingga mencapai 20 gerai distro diseluruh kota Semarang. Namun pada tahun 2006, bisnis ini hilang satu per satu. Hingga hanya menyisakan beberapa distro saja. Menurut analisis mas Fresky, berikut faktor-faktor yang bisa mempengaruhi bagaimana sebuah bisnis bisa bertahan lama atau tidak :

1.      Manajemen bisnis.
Kita haruslah tahu basic dari bisnis itu sendiri. Apa orientasinya, pada bidang apa, targetnya & segmentasinya untuk siapa, dan bagaimana menganalisis pasar. Manajemen bisnis juga berkaitan dengan pengembangan bisnis. Rencana apa yang kita siapkan untuk menjadikan bisnis ini semakin berkembang.

2.      Komunikasi dengan partner.
Menjaga hubungan itu dengan partner dan pihak-pihak yang terlibat sangatlah penting. Karena dengan menjaga hubungan baik kita menjadi lebih dekat, karena merasa satu sama lain saling membutuhkan. Partner disini bisa jadi adalah para supplier (misal kalau di dunia bisnis fashion adalah para penjahit), partner modal, dll. Selain itu menurut mas Fresky, profesionalisme dalam berbisnis sangatlah penting. Perlu untuk menyelaraskan visi-misi antara kita dan partner. Termasuk ketika bekerja sama dengan teman dekat kita. Penting untuk membuat perjanjian hitam di atas putih antara kedua belah pihak. Karena hal ini akan menuntut kita untuk saling percaya, dan saling bekerja keras. Kealpaan hal ini bisa jadi menjadi pemicu perpecahan sebuah bisnis yang dijalankan bersama, karena tidak adanya rasa keterikatan.

3.      Pembukuan
Bekerja di sektor bisnis, mau tidak mau kita harus belajar pembukuan. Pembukuan ini berkaitan dengan “laba ditahan”, istilahnya mas Fresky. Jangan sampai uang masuk = uang keluar. Uang keuntungan kita jangan langsung kita pakai untuk kegiatan diluar bisnis.

4.      Inovasi
Seringkali kita merasa jumawa ketika berhasil pada satu titik tertentu. Hal ini menurut mas Fresky salah. Kita perlu terus berinovasi, mengeluarkan ide-ide yang akan terus membuat bisnis kita berkembang. Inovasi ini bisa berkaitan dengan ide pemasaran, pengembangan produk, dll.

5.      Belajar dan Berbagi
Yang terakhir adalah Belajar dan Berbagi. Jangan sampai kita merasa paling bisa dalam berbisnis. Teruslah belajar dan belajar, baik dari literatur dunia marketing, ataupun dengan “blusukan” langsung ke pasar. Belajarlah pada orang-orang yang lebih berpengalaman. Jangan lupa juga untuk sharing bersama teman-teman sesama pebisnis, konsumen, atau siapapun yang menurutmu bisa membuat impactpositif. Karena hal itu sering kali bisa memberi masukan pada kita.



Mas Fresky juga memberikan beberapa tips seputar bisnis :
1.      Kuatkan motivasi pada diri sendiri mengapa memilih jalan berbisnis.
2.      Selalu fokus pada satu hal
3.      Jika baru mulai bisnis, pilih bisnis yang unik.
4.      Branding produk itu penting
5.      Adding Value, pada produk-produk yg kamu jual
6.      Cari teman yang bisa kamu ajak berpartner / diskusi seputar bisnis
7.      Selalu evaluasi dalam periode tertentu
8.      Jangan pernah menunda ide bisnis





Akber Semarang / Jaza

You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter