#AkberSMG120 Mengelola Stress

Sunday, October 23, 2016

Semarang, 22 Oktober 2016
Museum Ranggawarsito

Kelas #AkberSMG120 ini membahas tentang mengelola stress, bagaimana kita menghadapi kondisi disaat mengalami stress. Hal yang diajarkan pada guru Kelas #AkberSMG120 ini yaitu Pak Widyarto Adi, Ps. sharing mulai dari apa itu stress hingga bagaimana cara menghadapi stress.

Apa itu Stress?
Tekanan / gangguan / kekacauan pada mental – emosi. Stress banyak macamnya seperti : Masalah, Marah, Pekerjaan, Depresi, Lelah, Sedih, dan banyak lainnya.

Bergaul dengan Stress? Kok Bisa?
Kecenderungan orang sekarang maunya serba cepat, langsung hasil, tidak mau berproses. Jadi manajemen stress tidak bisa diterapkan di sikon sekarang, dan kuncinya tenang

Idiom wortel & batang
Biar maju keledai dikasih wortel, diiming-imingi. Tapi kalau sudah diiming-imingi tidak maju, baru dipukul kayu.
Diiming-imingi itu cara lama, Cara baru yaitu orang jalan dg sendirinya untuk mencapai sesuatu.

Stres kalau bisa diatasi bisa jadi motivasi untuk menjadi sesuatu yg positif. Cara menyelesaikan stres dengan cara yang santai, rileks, melakukan hobi, dsb.

Cara menghadapi segala sesuatu adalah dengan merubah mindset.
Mindsetcara pikir
  • pengaruhi sikap-perilaku (attitude-behavior)
  • akan tentukan tingkat keberhasilan dlm hidup
Mindset terdiri atas beliefs
Belief: kesimpulan atas informasi yang kita dapat atau pengalaman.
Belief bisa kita sadari atau tidak kita sadari.

Mindset negatif mempengaruhi kepada hasil yang negatif pula, kebalikannya apabila mindset kita positif akan menjadikan pengaruh untuk menghasilkan sesuatu yg positif pula.
Kalau kita memindset diri kita berkemampuan dan --> pede nya jauh lebih besar --> mempengaruhi keberhasilan kita. (Pede nya cukup kuat, stress sebesar apapun tidak akan pengaruhi kita).

Sebenarnya menghadapi sesuatu akan lebih mudah jika kita sudah terbiasa, Kebiasaan berpikir sebelum memberi respon terhadap suatu hal, membuat kita mampu untuk memotong garis emosi. Menghadapi sesuatu sebenarnya lebih baik jika digunakan konsep berpikir panjang.

Limiting Belifs
Limiting beliefs adalah kondisi memenjarakan dan membatasi kemampuan diri sendiri, yg biasanya terpuruk mengalami kesulitan.

ZONA  NYAMAN – Tinggalkan !!!
Jika kita melakukan hal sama setiap hari, Kita dapatkan hasil yang sama
Bila ingin HASIL BERBEDA, Kita harus MERUBAH tindakan

Merubah mindset/pola pikir untuk menghadapi sesuatu dengan positif menggunakan OCEAN.
1.       Openness to experience. Terbuka terhadap pengalaman atau sesuatu yg baru. Menerima tidak semua hal bisa ditebak
2.       Conscientiousness. Sadar diri terhadap tindakan, pikiran & perasaan. Tiap individu bertanggungjawab atas diri sendiri.
3.       Extroversion. Terbuka untuk berinteraksi dengan dunia luar. Menutup diri dari pergaulan justru menjadi pemicu stres.
4.       Agreeableness. Perilaku ramah, kooperatif dan mudah percaya mencerminkan perilaku rileks, ringan dan jauh dari stres.
5.       Neuroticism. Mampu menghadapi tekanan dengan kepala dingin. Tidak mudah terpengaruh kondisi yang terjadi.

 Foto Bersama Kelas #AkberSMG120

You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter