Kelas #AkberSMG121 Introduction To Public Relation

Saturday, November 05, 2016

Semarang, 4 November 2016
PIP Kota Semarang

Introduction to Public Relations menjadi tema Kelas #AkberSMG121. Materi yang disampaikan oleh guru kelas yaitu Ibu Eriyati Saptoputratmo meliputi berbagai hal yang dapat memberikan gambaran bagi kita mengenai dunia public relations atau perhumasan. Pada awal kelas ditampilkan tiga video untuk memperkenalkan praktik public relations.

Tentang Public Relations
Public relations merupakan manajemen komunikasi antara institusi dengan stakeholder untuk mendapatkan mutual understanding tentang institusi. Dalam public relations hal terpenting adalah pesan yang disampaikan dapat diterima. Penggunaan public relations sebenarnya sangat luas mencakup berbagai bidang kehidupan dari mulai dalam keluarga dengan adanya kegiatan silaturahmi sampai penggunaan pembuatan iklan layanan masyarakat bagi institusi pemerintah. Dalam public relations kita harus dapat memposisikan organisasi, produk / jasa, diri kita sendiri dalam lingkungan lokal, nasional dan global.


Tujuan dan Fungsi Public Relations
Public relations bertujuan untuk dapat menciptakan pemahaman antara institusi dan stakeholder melalui kegiatan komunikasi, membangun citra korporat dan mengubah citra yang negatif menjadi positif, membentuk opini publik yang favorable serta membentuk goodwill dan partnership.

Sedangkan fungsi public relations sendiri adalah menunjang kegiatan manajemen organisasi untuk mencapai tujuan dengan menjaga komunikasi harmonis, melayani kepentingan publik dan membantu manajemen selalu mengikuti dan memanfaatkan perubahan dengan pendekatan komunikasi.

Ruang Lingkup Public Relations
Public relations mencakup hal - hal berikut :
     Publikasi dan publisitas
     Event
     News
     Community involvement
     Media relations
     Lobbying
     Social investment

Komunikasi Public Relations dalam Organisasi
Umumnya mencakup komunikasi internal dan komunikasi eksternal yang dilakukan organisasi. Public relations dalam komunikasi internal diharapkan dapat mengupayakan kelancaran arus komunikasi, mencegah miskomunikasi dan mengupayakan komunikasi yang efektif sedangkan public relations dalam komunikasi eksternal organisasi menjadi sarana mempresentasikan lembaga itu sendiri, kepemimpinan lembaga / organisasi dan memantau perubahan yang terjadi disuatu lingkungan organisasi.

Perubahan Paradigma PR
Dalam perkembangannya public relations mengalami paradigma. Paradigma lama berfokus pada promosi dan publisitas, reaktif dan cenderung wait and see, berorientasi pada hubungan jangka pendek, output berupa distribusi berita, dianggap sebagai cost (biaya), menggunakan intuisi dan menonjolkan penampilan fisik sedangkan paradigma baru berfokus pada pembentukan hubungan, pro aktif dan lebih antisipatif, berorientasi pada hubungan jangka panjang, memiliki outcome dan outgrowth, dianggap sebagai investasi jangka panjang, menggunakan knowledge dan menonjolkan skills, integrity, professional dan specialist.

Kaitan PR dengan Perubahan Sosial
Perubahan sosial ditandai dengan berbagai hal. Pertama adanya media sosial yang muncul sebagai media baru dengan kemampuan mengubah tatanan politik, ekonomi dan sosial. Dalam dunia public relations media konvensional masih dianggap yang lebih penting karena media konvensional memiliki tanggung jawab yang jelas namun demikian bukan berarti anti media sosial mengingat potensinya yang sangat besar tetapi dalam menggunakan media sosial harus lebih bijaksana. Kedua ditandai dengan terbentuknya ekonomi global yang salah satunya terlihat dari adanya perdagangan bebas. Ketiga adanya banyak stakeholders yang semakin beragam.

Dalam menghadapi perubahan sosial tersebut setiap lembaga dituntut untuk lebih otentik dengan ciri khas masing - masing agar dapat muncul ke permukaan. Disinilah peran komunikasi yang membawahi public relations menjadi sangat penting.

 Foto bareng usai kelas #AkberSMG121

You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter