Kelas #AkberSMG122: Memaksimalkan Tata Ruang Rumah

Saturday, November 19, 2016


Kelas #Akber122 memiliki tema Memaksimalkan Tata Ruang Rumah. Guru kelas ini adalah M. Teguh Pujianto, seorang konsultan desain interior yang juga merupakan owner dan founder dari Omah Alit Interior. Materi yang disampaikan oleh Mas Teguh pada kelas kali ini adalah tentang bagaimana memaksimalkan penataan ruang di dalam rumah dengan lahan terbatas.
Sekarang ini kebutuhan akan kenyamanan hunian menjadi satu hal yang penting. Rumah, tidak hanya hadir sekedar sebagai tempat beristirahat namun juga dapat mencerminkan kepribadian pemiliknya. Selain itu keterbasan lahan untuk rumah tinggal membuat kita harus cermat memanfaatkan lahan yang ada. Menata ruangan untuk memaksimalkan lahan yang ada menjadi sangatlah penting. Maka dari itu, diperlukan sebuah sentuhan Desain Interior yang meliputi perencanaan, penataan dan perencanaan spesifik pada ruang interior di dalam sebuah hunian/bangunan agar pemanfaatan dapat dilakukan secara maksimal.

Dalam kelas kali ini, Mas Teguh menjelaskan ada beberapa hal pokok yang mendasar yang harus diperhatikan ketika akan membuat rumah. Hal-hal tersebut dapat membuat tatanan rumah menjadi maksimal apabila diatur dengan cara yang tepat.

-          KENALI RUMAH KITA
Maksudnya adalah siapa saja yang akan tinggal di dalam rumah. Hal tersebut karena ketika apabila yang tinggal dalam rumah berbeda orang, maka berbed pulalah kebutuhan yang dibutuhkan oleh rumah. Sebagai contoh, berapa jumlah anggota keluarga dan siapa saja. Apabila sebuah keluarga terdiri dari 4 orang ada ayah, ibu dan 2 anak perempuan, maka bisa membuat rumah hanya dengan dua kamar saja. Namun apabila 2 anak terdiri dari laki-laki dan perempuan, sebaiknya kamarnya dibuat terpisah.

-          SKALA PRIORITAS
Pikirkan ruang apa saja yang dibutuhkan dan dahulukan ruang-ruang tersebut. Lalu pikirkan juga tentang untuk apa saja kegunaan rumah, apakah hanya untuk tempat tinggal atau juga tempat kerja. Hal ini juga erat kaitannya dengan budget. Apabila memiliki lahan yang terbatas, ruang tamu bisa ditiadakan. Sebagai contoh pada jaman sekarang kegunaan atau fungsi ruang tamu di sebuah rumah tergeser dengan cafe atau restoran. Banyak orang yang lebih suka berkumpul di cafe daripada rumah. Kalaupun di rumah, jarang yang berkumpul di ruang tamu, lebih sering ke ruang tengah atau keluarga. Lebih jauh lagi fungsi dari ruang keluarga bisa menjadi minibar atau kitchen set. Hal itu pastilah akan mengurangi kebutuhan akan lahan.

-          FURNITURE
Pemilihan furniture juga perlu diperhatikan. Apabila rumah kecil dan sempit, jangan pilih furniture yang besar-besar. Sebagai contoh bisa menggunakan efek cermin untuk memperluas ruangan. Namun jangan menggunakan cermin yang terlalu besar karena malah akan memperburuk tata ruang. Pemilihan warna furniture juga diusahakan jangan warna yang berani dan ngejreng, lebih baik pilihlah furniture dengan warna netral seperti putih atau cream. Hal lain seperti causen/bantal bisa jadi point of interest dari suatu ruangan. Untuk mengurangi penggunaan lahan, hal-hal lain juga bisa dimanfaatkan. Seperti lemari di bawah kasur, tangga yang dijadikan sebagai rak sepatu, atau bawah tangga yang bisa menjadi gudang atau tempat penyimpanan.

-          WARNA
Pemilihan warna juga erat kaitannya dengan karakteristik penghuni rumah. Apabila yang tinggal di dalam rumah orang tua, pilihlah warna yang kalem seperti peach. Hal itu juga akan membuat rumah terlihat semakin luas karena kesan proyeksi mata akan memperluas ruang apabila dicat dengan warna kalem. Atau rumah bisa dicat dengan warna  yang berbeda-beda setiap ruangannya. Karena pilihan warna yang berbeda dapat memberikan rasa yang berbeda. Contoh lain adalah ketika atap rumah kita tidak terlalu tinggi, jangan gunakan warna gelap karena akan membuat ruangan terlihat sempit dan sumpek. Bisa diatasi dengan warna cerah dan kalem.

-          DINDING
Dinding dapat diisi dengan lukisan atau foto. Selain itu barang-barang unik dan antik juga bisa mempercantik suatu ruangan. Semisal dalam kamar tidur, dinding di kamar bisa diberi lukisan namun diusahakan diatas tempat tidur saja, atau dibelakang kasur. Hal tersebut untuk menghindari kita melihat lukisan tersebut ketika tidur itu akan membuat bosan. Dapat juga dengan menggunakan cermin yang dipecah tak beraturan sehingga dapat menambah nilai dan ada kesan sentuhan seninya.

-          CEILING/PLAFOND
Untuk ceiling/plafond apabila rumahnya sempit dan tidak terlalu tinggi, bisa diatasi dengan model atau gaya unfinished. Dengan memperlihatkan rusuk-rusuk rumah tanpa perlu memberikan ternit.  Sebagai contoh untuk tinggi rumah 3,5 tidak perlu pakai ternit dan bisa diekspos jaringannya dengan bergaya industrial unfinished.

-          WALLPAPER
Wallpaper juga mampu mempercantik ruangan. Gunakan wallpaper dengan motif kecil, karena motif besar akan memberikan kesan sumpek dan merasa tertekan serta tidak membantu memperluas ruangan. Untuk pilihan warna juga yang selaras dengan warna dinding, jangan dipaksakan dengan warna-warna yang berani.

-          LIGHTING
Ada dua tipe lighting yaitu general lighting dan indirect lighting. General lightning adalah lampu yang memang difungsikan sebagai penerangan atau lampu utama. Sedangkan indirect lighting merupakan lampu yang hanya difungsikan untuk pencahayaan suatu barang tertentu atau hanya sebagai pemanis dan hiasan. General lighting usahakan hanya satu saja dalam satu ruangan agar tidak terlalu terang. Sedangkan penggunaan indirect lighting bisa menambah kesan homey, cozy. Sebagai contoh dihotel hanya terdapat table lamp, head bed lamp, serta lampu berwarna kuning mercury sebagai lampu untuk istirahat. Jangan sampai lampu kamar tidur dibuat seperti lampu di tempat karaoke.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan menata ruangan dalam rumah agar mampu menjadikan rumah kita nyaman sesuai dengan pribahasa Rumahku Surgaku atau Home Sweet Home.

 Foto bersama usai kelas #AkberSMG122 bersama Mas Teguh Pujianto dari @omahalit_interior

You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter