#5thAkberSMG Catatan 5 Tahun Akademi Berbagi Semarang

Thursday, March 24, 2016

Foto bersama usai KELAS #AkberSMG

24 Maret 2011 adalah KELAS perdana Akademi Berbagi Semarang #AkberSMG1. KELAS ini menghadirkan Aidil Akbar, seorang independent financial advisor yang telah berkarir sejak 1994. Sebagai guru beliau berbagi ilmunya tentang Financial Planning. Bertempat di Cafe Buket Koffee + Jazz KELAS yang dihadiri 20 murid ini, sangat antusias mengikuti KELAS dari awal hingga selesai. KELAS ini diinisiasi oleh Kepala Sekolah Pertama @AkberSMG mbak @Yukiafriani yang dibantu oleh mas @Didut sebagai relawan pertama AkberSMG.

Hingga hari ini 24 Maret 2016, tepat 5 tahun Akber Semarang hadir di kota Atlas ini telah membuat 105 KELAS, dengan rincian 2011 terdapat 12 KELAS, 2012 ada 20 KELAS diadakan, 2013 terdapat 27 KELAS, 2014 sukses mengadakan 17 KELAS, tahun 2015 berhasil membuka 21 KELAS, dan tahun ini sudah ada 5 KELAS yang sudah diadakan oleh para relawan @AkberSMG.

5 Tahun berlalu banyak KELAS telah diadakan dengan menghadirkan profesional dari berbagai bidang, diantaranya Financial, Psikologi, Bahasa, Pasar Saham, Leadership, Entrepreneurship, Kepenulisan, Fotografi, Digital Marketing dan masih banyak yang lainnya. AkberSMG menyadari bahwa meskipun banyak KELAS yang sudah diadakan namun pada akhirnya masih banyak yang belum bisa memanfaatkan ilmu yang didapatkan di KELAS untuk bisa diamalkan bahkan ditularkan kembali. Disisi lain KELAS sebenarnya hadir untuk menjadi media jejaring antara para murid dan relawan dengan profesional untuk bisa saling kerjasama dan mewujudkan jaringan yang bermanfaat.

Tantangan lain dari KELAS adalah masih banyaknya pendaftar KELAS yang belum menyadari kesempatan yang bisa mereka dapatkan dengan menghadiri KELAS, karena masih banyak yang mendaftar namun tidak hadir. Padahal masih banyak murid yang haus ilmu dan menginginkan untuk bisa hadir di KELAS. Sementara pendaftaran terpaksa harus ditutup dikarenakan kondisi tempat yang akan dipakai KELAS tidak memungkinkan untuk menampung lebih banyak murid lagi.   

Dalam penyelenggaraan KELAS, Akademi Berbagi membutuhkan 3 jenis relawan, yakni Relawan Pengelola KELAS, Relawan Guru dan Relawan Donatur Tempat. Didalam Relawan Pengelola KELAS ada 1 relawan yang diangkat menjadi Kepala sekolah, dimana selama ini bertugas memimpin koordinasi sesama relawan dan koordinasi antara Akber kota dengan Akber Pusat. Dalam 5 tahun, estafet kepemimpinan AkberSMG telah mengalami 5 kali pergantian  kepala sekolah. Setelah mbak Yuki sebagai kepala sekolah AkberSMG berpindah ke Tangerang, ada Palupi yang menggantikannya dari tahun 2012 hinggal 2013. Setelah Palupi lulus dari studi S1 dan berpindah ke Jakarta, kepala sekolah AkberSMG digantikan oleh Jaza Akmala dari 2013 hinggal 2014. Sama dengan Palupi, Jaza juga sudah rampung studi dan meniti karir di Jakarta. Tongkat kepemimpinan AkberSMG dilanjutkan oleh Qodrat dari 2014 hingga 2015. Setahun setelah menjadi kepala sekolah, Qodrat memberikan tongkat kepemimpinan kepada Gita Swasti untuk menjadi kepala sekolah dari 2015 hingga sekarang.

AkberSMG menyampaikan terimakasih kepada seluruh Relawan Pengelola yang telah berdedikasi meluangkan waktu dan tenaganya untuk selalu menyebarkan semangat belajar dan berbagi dengan cara menghadirkan KELAS sebagai media pembelajaran, media belajar tatap muka antara guru dengan murid dimana sekat ruang dan biaya sudah tidak ada lagi. Hingga semua bisa belajar dan ikut KELAS yang diselenggarakan Akademi Berbagi. GRATIS!

Terimakasih juga kepada seluruh Relawan Guru yang telah berbagi ilmunya di KELAS #AkberSMG hingga kini sudah mencapai usia 5 Tahun. Dari para Gurulah para murid bisa menimba ilmu, merasakan manfaatnya dan merasakan indahnya berbagi.

AkberSMG juga menyampaikan Terimakasih kepada seluruh Relawan Donatur Ruangan yang telah memberikan kesempatan kepada Akademi Berbagi untuk bisa mengadakan KELAS melalui ruangannya.

Sesuai dengan tekat mbak Ainun Chomsun Pendiri Akademi Berbagi, AkberSMG akan terus mengadakan KELAS supaya semakin banyak orang yang merasakan manfaat dan indahnya berbagi, selanjutnya tentu bisa terus menularkan semangat ini hingga pelosok negeri. Karena kami semua yakin bahwa Berbagi Bikin Happy!

You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter