English for Public Speaking with Miss QQ

Sunday, April 24, 2016



Seperti kita ketahui bersama Public speaking biasanya digunakan didalam discussion, meeting, speech, seminar, debate dan masih banyak lagi, karenanya public speaking merupakan suatu keterampilan yang penting dikuasai setiap orang, baik dengan berbagai latar belakang profesi. Sedangkan tujuannya bisa untuk sharing information and persuasive

Miss QQ (miss_qq_) yang sudah lama berprofesi sebagai Guru di sebuah lembaga studi bahasa kota Semarang dan juga aktif sebagai professional interpreter ini menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum menjadi public speaker diantaranya adalah:
- Start from planning 
- Do observe

- Prepare

- Practice

- Reflect

Dalam public speaking ada juga yang di sebut delivering and manner, berikut adalah beberapa yang perlu diperhatikan: 

       - Even distribution of eye contact
       - Audible voice
       - Appropriate gesture
       - Good language use

Dalam public speaking kita boleh memberi jokes tertentu untuk menggariahkan para audiens tetapi jangan memberi jokes terlalu banyak. Jokes terlalu banyak bisa membuat audiens tidak percaya kepada kita. Dalam good language use juga sangat penting. Gunakan translator yang benar serta yang harus diperhatikan yaitu pronunciation (pengucapan). Jika merasa kurang percaya diri dengan pronunciation (pengucapan) bisa meminta bantuan teman yang lebih paham.

Lebih lanjut Miss QQ untuk menjadi public speaker yang baik, beliau memperkenalkan Metode 2Cs  yaitu claim and convince. Metode ini berguna untuk meyakinkan audiens. Cara-cara yang bisa digunakan antara lain pertama dengan  BIG NAME. Menggunakan nama-nama tokoh besar dalam penyampaian kita bisa membuat lebih meyakinkan. Sehingga audiens sangat memperhatikan kita. Kedua QUOTE OR OTHER, kutipan dari beberapa ahli juga bisa membangkitkan perhatian audiens untuk memperhatikan kita.

Selanjutnya adalah RESEARCH (Penelitian) dan FACTS (fakta). Ini bisa menjadi bukti yang sangat kuat untuk meyakinkan para audiens. Kemudian FEELING AND TRUST dengan perasaan yang tenang dan kepercayaan diri yang tinggi kita lebih bisa menguasai panggung. Jika tidak terlalu percaya diri untuk melihat wajah para audiens lihatlah saja diatas jidatnya. Itu cara yang paling sederhana. Buatlah audiens sebisa mungkin tertarik kepada kita. Meski hanya sekedar pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya sudah di ketahui sehingga menjadi lebih interaktif dengan audiens.
 Berbagi Bikin Happy!

Selanjutnya para akberians ditantang untuk berbicara di depan kelas oleh guru kita miss QQ. Dari perkenalan, apa yang anda lakukan hari ini, menyebutkan apa kelebihan pada diri akberians, dan mempromosikan produk apa saja yang akberians mau. Reaksi pada akberians pada saat di depan kelas sangat beragam, ada yang lancar karena sudah jago sekali bahasa inggrisnya, ada yang sedikit panik, serta ada yang sedikit terlihat malu-malu. Menurut Miss QQ Yang terpenting dari bahasan diatas adalah lakukan dan terus latihan disertai metode-metode yang sudah disampaikan. Semua bisa dilakukan jika ada kemauan. 

Ditulis oleh Advis / @viviscorp1

You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter