Belajar Community Management dari @iyanferdian

Friday, June 17, 2016

Mas Iyan begitu panggilan akrabnya, selain aktif di komunitas B2W Semarang beliau juga berprofesi sebagai Community Manager Bukalapak Regional Jawa Bali sejak 2013. Sebagai startup digital yang sukses, bukalapak tidak lepas dari yang namanya komunitas seller. Inilah peran yang dicapai oleh mas Iyan membawa komunitas seller yang dikelolanya dari berbagi kota di Indonesia untuk membesarkan bukalapak menjadi semakin rame penjualan dan banjir traffic. Alhamdulillah, pada kamis 17 Juni 2016 mas iyan berkesempatan sharing di akber semarang.

 
Bertempat di salah satu ruang PIPM (Pusat Informasi Pasar Modal) Jl. Thamrin, beliau memulai kelas sore itu dengan perkenalan diri dan membuka pertanyaan tentang apa itu komunitas? Menurut The Community Roundtable, “community is a group of poeple with unique shared values, behaviors and artifacts” bisa diartikan bahwa komunitas adalah sekelompok orang yang berbagi nilai-nilai tertentu, kegiatan dan juga alat. Mas Iyan juga menambahkan bahwa berkomunitas sebenarnya tidak hanya sharing content namun yang lebih penting adalah hubungan antar manusianya atau human connection.

Dalam community management terdapat banyak bagian-bagian yang saling bersinergi, dan mempunyai pos tugas masing-masing yang sudah di bagi sesuai fungsinya. Diantaranya adalah adalah community management yang berfungsi sebagai Bridge Roles (Penghubung antara Perusahaan dan Komunitas) ada Program Manager/Administrator, The Strategist/Community Evolution, Event Host, Content Developer dan Communication. Sedangkan untuk community management yang berfungsi sebagai penghubung Perusahaan dengan urusan luar perusahaan ada Officiating Disputes/Arbitration, Technical, Recruitment, Social Networking and Outreach, Facilitation/Moderation dan Customer Support. Jobdesc nya bisa kita lihat pada slide berikut:



Setelah kita mengetahui peran atau tugas masing-masing bagian dalam community management, yang tidak kalah penting set expectation atau goal diantaranya adalah:
  • Bahwa komunitas bukanlah komunikasi satu arah dan bukan channel bradcast informasi saja
  • Belajar untuk ikhlas
  • Feedback dari komunitas adalah sebuah anugrah
  • Dalam komunitas tidak bisa memaksakan setiap anggotanya untuk melakukan sesuatu, namun kita bisa membantu tujuan mereka untuk menjadi lebih baik
Coba kita tengok Community Structure dari perusahaan Bukalapak 
Lantas tugasnya dari Community Manager di Bukalapak apa saja? mas Iyan menyampaikannya dengan slide berikut:


Seperti yang disampaikan mas Iyan bahwa berkomunitas yang terpenting adalah human connection atau hubungan antar manusia. Dalam Komunitas Bukalapak mereka menerapkannya dengan adanya diskusi, tukar pikiran, berbagi pengalaman dan tentunya ada asah softskill dimana value-value ini yang menjadikan komunitas ini dibangun dengan sifat organik. Mas Iyan menceritakan bahwa dengan adanya kedekatan hubungan yang dibangunnya dengan komunitas, mas Iyan sering mendapatkan barang-barang dagangan dari om dan tante seller, panggilan akrab anggota komuntas bukalapak. Senengnya ya.. haratiss lhoo... *mau dong mas :D

Nah, sepertinya menyenangkan sekali kalo bisa bekerja di bagian community management, alasannya selain menyambung silaturahim dengan banyak orang adalah komunitas bisa membantu saling membukakan pintu rejeki sesama anggotanya. Kenapa bisa begitu? karena komunitas yang dibangun Bukalapak adalah komunitas berdagang. Pernah ingat hadis nabi bahwa salah satu pintu rejeki itu adalah dengan berdagang. Hmm.. selain rejeki yang bertambah banyak pahala pula!

Dari semua pembahasan diatas mas Iyan juga membagikan strategi jitunya dari Bukalapak dalam membuat komunitasnya yang sudah besar kini, yakni dengan adanya EMPOWER.

Dipenghujung kelas banyak Akberian yang antusias untuk bertanya terkait community management dan juga lapak dari marketplace Bukalapak sendiri. Hari ini Akberian banyak belajar dan makin Happy! karena buka puasa tinggal bentar lagi.. :D

Berbagi Bikin Happy!


Ditulis oleh @_afifID




You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter