#CeritaAkber dari Gathering Relawan Akber Jateng DIY ke-2

Monday, June 20, 2016

Ahad pagi 19 Juni 2016, kami berenam dari semarang menuju kota solo untuk Gathering Relawan Akber Jateng DIY yang kedua. Rencana awal gathering ini dijadwalkan tanggal 6 juni, namun dengan kesibukan beberapa kota akhirnya acara ini diundur. Hotel Aston yang berada dekat dengan jalan utama Slamet Riyadi tidak membuat kami kesulitan menemukan lokasi tempat acara berlangsung. Disambut oleh teman-teman relawan Akber Solo dan mas Imam Subchan selaku ketua umum Akademi Berbagi, kami langsung disarankan untuk sholat dzuhur karena acara akan segera dimulai.
 
Mas Imam Subchan saat memberikan sambutan (foto: blog Akber Jogja)
Dibuka oleh Citra selaku kepala sekolah Akber Solo, acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Mas Imam Subchan dan perkenalan oleh semua relawan yang hadir. Acara disambung dengan #CeritaAkber oleh masing-masing kota yang dibawakan oleh kepala sekolah, dimulai dari Yogyakarta, kemudian Semarang, Kudus, Pekalongan dan terakhir Solo. Karena dasarnya adalah cerita maka acara ini sebenernya lebih dikemas semacam jagongan gayeng antar relawan. Setelah setiap kepala sekolah menyampaikan cerita ataupun paparannya para relawan lainnya diberikan waktu untuk menambahi argumen maupun bertanya.
 
Gita Swasti saat membawakan #CeritaAkber dari kota Semarang

#CeritaAkber dari Jogja yang menjadi kota pertama menyampaikan usulan kegiatan funding supaya dapat mempermudah relawan jogja dalam menjalankan operasional kegiatan akber yang fokus pada pembelian alat recording dan pembelian gift untuk apresiasi relawan tergiat. #CeritaAkber selanjutnya dari Semarang, dalam hal ini Gita Swasti banyak menyampaian do and don’t dari selama ini Akber Semarang berkegiatan. #Cerita Akber disambung oleh kepala sekolah akber kudus. Kudus yang notebene-nya menjadi kota paling muda bergabung di Akber, kendala utama dari kota ini adalah kurangnya ketersedian ruang kelas dan guru yang bisa mengisi kelas, selain itu isu lain yang diangkat adalah karena banyak relawan kudus yang multiple community sehingga konsentrasi kegiatan masih terpecah. #CeritaAkber dari Pekalongan dalam sesinya menampilkan video profile mereka dan ada juga beberapa relawannya memperagarakan yel-yel akber yang kece :D. Terakhir #CeritaAkber dari solo membawakan cerita cara pendekatan kepada pemkot dalam menjalin networking untuk bisa menjadi solusi dalam penyedian ruang kelas di solo.
Yel-yel kece dari Akber Pekalongan

Setelah kelima kota menyampaikan #CeritaAkber nya para relawan dihimbau oleh mas Imam untuk berdiskusi tentang usulan yang akan disampaikan kepada Akber Pusat terkait ulang tahun akber yang ke 6. Beberapa usulan menarik yang telah disampaikan oleh para relawan diantaranya adalah setiap kota nantinya diusulkan untuk membuat video tentang ulang tahun dan campaign online dengan tajuk #KarenaAkber seperti halnya campaign twitter beberapa waktu lalu. Usulan mana yang akan disetujui? kita tunggu saja nanti tanggal 10 juli ya..
 
Foto Bersama Relawan Akber Jateng DIY
Indahnya kebersamaan gathering relawan ini ditutup setelah buka bersama dan tentunya foto bersama seluruh relawan yang hadir. Senengnya dalam Akber adalah mempertemukan orang-orang baik untuk bisa membangun harapan bersama. Semoga semangat seluruh relawan ini bisa membawa penyebaran virus berbagi ke berbagai kota. Berbagi Bikin Happy! :) 

Ditulis oleh @_afifID

You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter