Make Your Writings Go Viral Ala Wiwien Wintarto

Thursday, November 02, 2017

Mas Win sapaan akrab dari Wiwien Wintarto merupakan penulis lepas yang senang piknik dan libur.  Beliau juga sebagai penulis novel, dan diantara novelnya adalah say no to love (2007) dan say no to me (2017). Menurut mas Win karya novelnya akan rilis setiap 10 tahun sekali, tak ayal jika beliau sudah memperkirakan novel seri ketiganya akan terbit di tahun 2027. Meskipun beliau lahir di era 70 an,  tetapi jiwa mudanya masih tetap tertanam setidaknya itulah yang terlihat sewaktu beliau sharing di kelas #AkberSMG140 di stage pameran buku gedung wanita.  menurut mas Win beliau lebih merasa pede ketika dipanggil dengan sebutan abang dan kakak, karena alasan itu pulalah mas Win suka berkumpul bersama kaum muda, karena dengan begitu beliau bisa mendapatkan banyak inspirasi.  


Bicara soal publikasi tulisan agar menjadi viral, mas Win sendiri pernah merasakan pahitnya penolakan berkali - kali sebelum akhirnya bisa masuk ke dalam dunia penerbitan. Belajar dari kegagalan inilah Mas Win menjadi seorang penulis yang handal.  Hingga banyak penulis - penulis baru yang bermunculan,  dan memintanya untuk membaca hasil karya yang mereka buat. Baik dalam bentuk novel maupun cerita. Masalahnya adalah bagaimana caranya agar tulisan yang sudah kita buat bisa menjadi viral dan menarik perhatian banyak orang?  Nah, berikut tips-tips yang diberikan oleh Mas Win dikelas Akber rabu 1 November kemaren:
1. Berusahalah membuat karya yang orisinil,  berbeda,  dan berkarakter
2. Coba mengirimkan hasil karya yang kita buat ke redaksi,  jika dalam waktu 3 bulan tidak mendapat respon. Kita bisa mrngirimkan tulisan kita ke redaksi lainnya.
3. Mengenal editor,  sangat penting mengenal editor.  Karena seburuk apapun tulisan yang kita buat,  pasti akan dibantu oleh editor jika sudah akrab.
4. Mengganti - ganti nama penulis dengan nama-nama samaran agar lebih menarik
5. Jika jalan mempublish melalui redaksi dirasa sudah terlalu mentok.  Ada cara lain yaitu dengan self publishing,  hanya saja perlu jiwa enterpreneur yang kuat ketika kita memilih untuk self publishing.
6. Mencoba media-media terbaru seperti watpadd,  web comics,  webtoon.  Sebagai salah satu cara menampilkan  tulisan.

Semoga Akberian terbantu dengan tips bagaimana cara untuk membuat tulisan kita menjadi viral. Menutup kelas Akber sore kemaren Mas Win berpesan "beranilah untuk terus berkarya meskipun mendapat berbagai penolakan". So, Semangat Berkarya Akberian!




Ditulis oleh: Nita Amalia

You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter