Understanding IELTS Exam with Mr. Fabio

Saturday, September 09, 2017

Akberians pasti sudah banyak yang tahu tentang tes TOEFL kan? Lalu bagaimana dengan tes IELTS. IELTS yang merupakan kepanjangan dari International English Language Testing System adalah tes kemampuan berbahasa Inggris dari British/Inggris. Tentunya berbeda dengan   TOEFL   yang   merupakan   produk   dari   ETS   Amerika   Serikat.   Nah,   kelas AkberSMG137 ini membahas tentang IELTS dan diisi oleh guru yang tentunya ahli dibidangnya, yaitu Mr. Fabio Coelho. Mr. Fabio adalah native asal Amerika Serikat yang sudah berpengalaman tentang tes  IELTS karena merupakan  IELTS  examiner/penguji tes IELTS. Mr. Fabio sendiri sudah mengajar bahasa Inggris selama lebih dari sepuluh tahun, mulai dari mengajar di Brazil, Ecuador, negara-negara di Afrika sampai akhirnya mengajar di Indonesia sejak 2013 lalu.


Mr. Fabio menjelaskan tentang apa itu IELTS dan terdiri dari apa saja tesnya. IELTS terdiri dari dua jenis yaitu academic dan general training. Kegunaan dari sertifikat IELTS sendiri adalah sebagai syarat untuk melanjutkan studi, bekerja, berpindah kewarganegaraan atau keperluan-keperluan lainnya yang bersangkutan di negara berbasis bahasa Inggris yaitu Inggris, Australia, Amerika Serikat dan Kanada. Bisa pula untuk keperluan-keperluan lain seperti melanjutkan studi yang kegiatan belajar mengajarnya berbasis bahasa Inggris. Perbedaan  fungsi inilah  yang membedakan harus mengambil tes  IELTS  yang jenis apa. Dalam  tes  IELTS  sendiri  akan  ada  beberapa  aspek  yang  akan  diuji  atau  dinilai  yakni speaking, listening, reading dan writing. IELTS sendiri akan mendapatkan hasil nilai yang disebut score dimana nilainya berkisar dari 0 sampai dengan 9 yang berarti sempurna dan nilai tertinggi. Itu artinya dalam tes IELTS tidak ada nilai 10. Setiap aspek yang diujikan akan dinilai satu persatu dan nantinya akan diambil rata-rata yang disebut band score.

Tes IELTS dibagi menjadi empat bagian listening, reading, writing dan speaking dimana masing-masing aspek atau bagian akan memiliki porsi waktunya masing-masing. Berikut pembagiannya;


Listening
4 sesi, 40 soal
Waktu 30 menit

Academic Reading                                         General Training Reading
3 sesi, 40 soal                                                     3 sesi, 40 soal
Waktu 60 menit                                                   Waktu 60 menit

Academic Writing                                           General Training Writing
2 soal                                                                  2 soal
Waktu 60 menit                                                   Waktu 60 menit

Speaking
11 sampai 15 menit




Dalam kelas  ini Mr. Fabio lebih banyak menggaris bawahi untuk sesi speaking dan writing. Hal tersebut karena dua aspek inilah yang tidak bisa untuk dipelajari sendiri. Ketika akan berlatih speaking tentunya kita membutuhkan partner untuk lawan bicara dan writing juga perlu supervisi atau koreksi dari orang yang lebih ahli/bisa. Di sesi speaking yang terdiri dari

3 bagian, poin-poin yang akan diujikan sudah jelas. Bagian pertama peserta akan ditanyai hal-hal yang bersifat umum oleh examiner. Bagian kedua, peserta akan diberikan kertas untuk membuat coretan-coretan tentang apa yang akan dikatakan karena bagian ini peserta akan disuruh untuk berbicara nonstop selama sekitar 2 menit. Bagian ketiga yang mana examiner akan mengajar peserta untuk berdiskusi tentang suatu topik, biasanya topik ini sudah dibahas atau ditanyakan secara umum pada bagian dua. Untuk sesi writing peserta hanya akan disuruh membuat dua tipe tulisan, yang pertama menjelaskan tentang suatu bagan/diagram/skema dan yang kedua adalah membuat essay singkat.


Mr. Fabio menggaris bawahi bahwa IELTS bukan merupakan sesuatu yang bisa dicapai hanya dalam waktu singkat. Tes IELTS butuh persiapan yang matang dan lama. Rata-rata test taker membutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk mendapatkan band score yang lulus rata-rata atau 6.5 atau 7. (P.s. Jadi Akberians kalau ingin mengambil tes ini harus dipersiapkan  jauh-jauh  hari  ya  dan  harga  tes  ini  sendiri  205  USD  atau  sekitar  Rp.
2.875.000,00 namun harga bisa bervariasa sesuai dengan kurs dollar dan area tes.)

Untuk Akberian yang berminat download materi kelas ini bisa klik link berikut materi kelas #akberSMG137.

You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter