#AkberSMG57 "Youth Financial Planning"

Friday, November 15, 2013



Kelas Akademi Berbagi kali ini ( #AkberSMG57 ) mengangkat tentang keuangan, tepatnya bagaimana sih perencanaan keuangan yang baik untuk anak muda? Pasti dari Akberians banyak yang merasa “dilema” dengan kondisi keuangan masing-masing kan? Mulai dari masalah “pengeluaran yang tak henti-hentinya”, “kesulitan ‘rutinitas’ menabung”, sampai “apasih pentingnya ‘investasi?”

Salah satu point penting yang dibahas di kelas ini adalah pertanyaan : kenapa sih, semakin lama penghasilan semakin besar, tapi kok pengeluaran juga semakin banyak? Jawabannya adalah :
·         Karena perilaku yang cenderung konsumtif. Misal : nongkrong di cafe, nge-mall, dll
·         Life style. Misal: sering gonta-ganti gadget

“ Makanya, kita harus bisa ngebedain yang mana kebutuhan dan yang mana keinginan”, terang Pak Julius sebagai pakar financial Planning sebagai guru #AkberSMG57. Tak kalah penting juga, di materi juga diberi tips-tips untuk menjalankan perencanaan keuangan yang cocok buat kita anak muda. Simak tips-tips nya yah :

1. Buat lembar perencanaan keuangan yang sederhana. Isinya tentang rencana keuangan yang akan/mungkin dikeluarkan (misal dal jangka waktu satu bulan), dan pengeluaran riil dalam jangka waktu satu bulan. Bandingkan. Dan tandai (di stabilo kalau perlu).

2. Management by amplop. Cara ini agak kuno tapi dijamin ampuh. Dana ini merupakan dana terpisah dari uang bulanan yah 

3. Tabung di awal. Menabung idealnya 10% dari tota bulanan. “saving dulu baru shoping” 

4. Siapkan dana darurat. Dana ini disimpan di rekening yang terpisah dengan rekening untuk pengeluaran bulanan. Besar dari dana darurat ini adalah 3-4 x pengeluaran bulanan.

5. Mulai berinvestasi. Investasi sangat penting. Harusnya, investasi tidak menggunakan uang yang dianggarkan untuk pengeluaran bulanan.

6. Asset proteksi. Misal : asuransi

7. Batasi kredit konsumtif.

Beberapa tips tersebut pastinya sangat berguna untuk Akberians. Selain dipahami, baiknya dipraktik kan juga jah. Salam Akademi berbagi. “Karena Berbagi Bikin Happy J

You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter