#Kelas 159 - Dealing with Depression

Friday, August 23, 2019

Deadling With Depresion

Hi Akberians, Sabtu 1 Desember 2018 yang lalu bertempat di Studio Mini Gedung Pusat Informasi Publik, Balaikota Semarang, Kami mengadakan  kelas tentang Dealing With Depression bersama Yudi Kurniawan atau yang biasa dipanggil mas Yudi, beliau merupakan Dosen Psikologi serta kepala Laboratorium Psikologi Terapan dan Kepala jasa layanan psikologi di Universitas Semarang.
Akberians, Apa sih Depresi itu ? Depresi adalah gangguan suasana hati yang umum dan serius. Mereka yang mengalami depresi mengalami perasaan sedih dan putus asa yang terus – menerus dan kehilangan minat dalam kegiatan yang pernah mereka nikmati. Depresi terjadi akibat dari konsumsi obat obatan, kurangnya terpapar cahaya matahari, dan penyakit fisik jangka panjang Selain itu depresi bisa terjadi pada psikologis yang terjadi karena gaya hidup, dan pola pikir. Selain itu  Depresi juga dapat terjadi ketika faktor resiko kesehatan mental pada individu lebih dominan daripada faktor protektif. 
Setelah menjelaskan apa itu depresi, mas yudi juga menjelaskan tentang gejala – gelaja depresi yang terjadi,  Gejala – Gejala depresi dibedakan menjadi 6 antara lain : 
  1. Fisik / Perilaku  : Gangguan pola tidur, aktivitas menurun, kesulitan untuk fokus dalam pekerjaan, produktifitas menurun, mudah merasa letih dan sakit.
  2. Psikis : Rasa Percaya diri hilang / menurun, sensitif, merasa diri tidak berguna, perasaan bersalah, perasaan terbebani.
  3. Sosial : Masalah pada interaksi dengan lingkungan, rekan kerja, teman sekolah. 
  4. Emosional : Penurunan mood, Pandangan negatif terhadap diri sendiri, tidak lagi merasakan kegembiraan, menangis. 
  5. Kognitif : Harapan Negatif, menilai diri dengan rendah, menyalahkan diri sendiri, susah membuat keputusan, distorsi kognitif. 
  6. Motivasonal : Menghindari tanggung jawab, lebih tertarik pada kegiatan pasif (berdiam diri, nonton TV, menggunakan ponsel), mengharapkan kematian segera.
Selain itu, menurut mas yudi depresi pada remaja berbeda loh dengan depresi pada orang dewasa, hal tersebut dapat dilihat didalam tabel berikut : 
Remaja
Dewasa
Mudah terpicu rasa marah
Dominan perasaan sedih
Sakit fisik tanpa sebab medis
Benar benar menarik diri dari pergaulan
Sangat sensitif terhadap kritik
Tidak ingin bertemu siapapun
Menarik diri dari banyak orang, tapi tetap berinteraksi dengan sebagian yang lain



Lalu, apasaja resiko yang dapat ditimbulkan oleh depresi :
  1. Penyakit Kronis
  2. Masalah Interpersonal
  3. Self Harm
  4. Masalah Pekerjaan 
  5. Masalah Pendidikan 
  6. Bunuh diri
Setelah mengetahui apa saja resiko yang dapat ditimbulkan oleh depresi, mas yudi juga memberikan cara untuk mencegah depresi dengan cara :
  1. Mari Bercerita 
  2. Tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain.
  3. Gunakan sosmed dengan bijak 
  4. Perbanyak aktifitas positif
  5. Miliki satu hobi khusus yang bermanfaat 
  6. Rutin olehraga
  7. Perbanyak membantu orang lain


Thanks, Akberians

You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter