Mengenal Survei Online dan Piagam Penghargaan di Kelas #AkberSMG101

Sunday, January 24, 2016

Mengulang kesuksesan kelas yang ke 100 #halah :))) Akber Semarang kembali mengadakan kelas perdananya di tahun 2016 ini dengan tema kelas “Mengenal Survei Online”. Kelas yang diadakan pada tanggal 20 januari ini bertampat di Kantor Indosat Ooredoo yang berlokasi di Jl. Pandanaran Semarang. Guru yang sharing adalah Mbak Anggit (@Anggittut) bekerja di sebuah perusahaan bernama @JakPatID akronim dari Jajak Pendapat Indonesia.

Perusahaan yang websitenya bisa diakses melalui jakpat.net ini memang fokus pada layanan survei online, bahkan perusahaan ini sudah mengembangkan layanannya dalam bentuk aplikasi mobile, jadi siapapun yang sudah menginstallnya di gadget melalui platform android maupun iOS bisa mengikuti survei yang dilakukan oleh pihak JakPatID, sedangkan untuk respondennya diuntungkan dengan mendapatkan poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan reward seperti pulsa maupun voucher belanja. Hmm menarik yah?
Ok lantas apa yang kita pelajari dari sharingnya mbak Anggit di kelas Akber kemaren? Here we go.. Yang pertama adalah “Apa sih Survei itu?” menurut mbak Anggit yang dia jelaskan melalui presentasinya, “Survei adalah metode mengumpulkan opini, pendapat, persepsi dari individu satu ke individu lainnya sebagai data untuk diolah menjadi informasi”. Jika ditilik lebih lanjut seberapa penting survei kita ketahui bersama bahwa survei banyak diterapkan pada berbagai bidang, contohnya jika di akademik ada survei yang dibutuhkan untuk data pada tugas akhir atau skripsi. Di bidang bisnis survei sangat dibutuhkan dalam membuat nama brand baru, memilih logo, memilih lokasi, harga yang ingin diterapkan, kepuasan pelanggan, ekspansi wilayah, produk baru. Sedangkan bagi profesional survei bisa sangat berguna untuk mengetahui targer pasar, mengetahui perubahan perilaku pasar, test produk, menentukan harga, menentukan produk, test iklan, test efektivitas iklan, dan juga kekuatan merek. O ya pemerintah juga membutuhkan suvey lho, diantaranya pemilihan kepala negara atapun daerah, sensus, mengukur tingkat konsumsi masyarakat, mengukur tingkat popularitas politik, mengukur kesadaran masyakarat terhadap penyakit, dan masih banyak lagi kegunaan survei.

Lantas kenapa sih harus survei online? Ada 3 alasan kuat yang disampaikan oleh mbak Anggit, yang pertama adalah karena lebih efisien dari sisi waktu dan biaya, yang kedua adalah hasil bisa digunakan lebih efektif atau tidak out-dated, dan terakhir adalah karena diinilai lebih tepat sasaran responden. Untuk media pengumpulan data survei bisa dilakukan melalui email, sms dan mobile apps. Kalo Akberian pernah melakukan survei online? Atau kalo sudah biasanya pake tools apa? Google form? Atau malah sudah instal aplikasi jak pat nih? :D Seperti yang kita ketahui tool dari survei online ini sebernarnya banyak, jika kita bikin sendiri bisa menggunakan google form, survey monkey, qualtric. Jika ingin cari responden survei bisa dengan cara cari agen riset. Lantas jika menginginkan membuat survei online sendiri dan mendapatkan respondennya pake apa dong? Jawabannya bisa memakai JAKPAT. That’s why inilah keunggulan Jakpat.

Ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan survei online, yakni pertama mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis pertanyaan, kedua adalah bisa melalui validasi dan verifikasi profile dan yang ketiga adalah validasi survei. Pertama tentang Jenis-jenis pertanyaan antara lain kita mengenal jenis single answer, multiple answer, open text, scale, priority dan grid. Untuk jenis setting pada survei adalah skip logic, display logic, answer piping, display answer random, add min max answer, dan kuota setting. Kita lanjutkan pada hal ke 2 yang perlu diperhatikan pada survei online adalah Verifikasi dan validasi responden, adalah dengan memperhatikan pertanyaan profil sesuai kebutuhan, logic setting (seperti KTP - Gender dan usia, Riwayat pendidikan dan usia), riwayat pendidikan dan profesi, kemudian call back. Hal 3 yang penting dalam melakukan survei online tentunya adalah validasi survei online. Akberian bisa bisa baca caranya melalui presentasi berikut:



Wuih ternyata banyak juga yang bisa kita pelajari dari survei online ya? (feels happy) :D Makasih banyak kami sampaikan untuk mbak Angittut yang sudah berbagi di Akber Semarang, o ya tak lupa terimakasih juga untuk Indosat Ooredoo selaku donatur ruangan kelas #AkberSMG101. Eh ya kemaren Akber Semarang dapat piagam penghargaan dari Indosat Ooredoo juga lho..wah jadi makin semangat nih bikin kelas berbaginya Ni mood meternya bisa ngadaiin kelas sampai kelas #AkberSMGtakterhitung hehe


Buat Akberian, pantau terus timeline @AkberSMG di twitter, fb, IG, G+ (banyak ya..) kita untuk bisa dapatkan informasi terupdate seputar kelas. Segera daftar, datang ke kelasnya Akademi Berbagi dan rasakan Indahnya Berbagi. Berbagi Bikin Happy! J


You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter