#AkberSMG69 Basic TOEFL 1 – Grammar

Wednesday, April 02, 2014

Basic TOEFL 1 – Grammar

Mendengar kata TOEFL pastinya yang terlintas di pikiran kita adalah tentang Bahasa Inggris, Persyaratan Kerja/Beasiswa, Skor, dll. Dan sesuatu yang sulit dan mungkin menakutkan bagi beberapa orang yang tidak mencapai Skor yang ditargetkan.  Akber Semarang berharap bisa  membantu dan berbagi dengan mendatangkan pengajar/guru yang akan mengupas tentang TOEFL yaitu Yemima Amanda (@jemzamanda) biasa dipanggil miss mima. Kalo kata miss mima ini tes TOELF butuh persiapan lho..paling nggak selama 6 bulan... :).

Kelas #AkberSMG69 dimulai dengan pertanyaan unik, “Perlu nggk belajar TOEFL?”. Sebelum kita belajar mengenai TOEFL, baiknya kita kenalan dulu dengan TOEFL.
“Ketika akan menuju ke suatu tujuan, kenali dulu jalan dan arah ke tujuan tersebut. Begitu pula dalam mempelajari TOEFL” kata miss Mima



Pertama “Set your target”, target skor toelf-mu berapa? 350? 400? Atau 550?. Kedua, Kenali Jenis Toefl, ada beberapa jenis toefl yaitu paper based, internet based, computer based. Paper based adalah tes dengan menghitamkan jawaban dilembar jawaban dengan media kertas seperti Ujian Nasional, Internet Based adalah tes dengan media Internet, tapi bukan berarti kalau anda punya koneksi Internet bisa langsung tes sendiri, tetap ada Lembaga/Jasa yang menyediakan tes tersebut dan mengawasinya. Ketiga, kamu harus tahu kemampuan dasarmu, caranya gimana? Bisa langsung tes toefl tanpa belajar dulu, nah dengan itu kamu bisa tahu skor kemampuan dasarmu. Keempat, anggap toefl adalah gebetan kamu dan kamu lagi PDKT-in toefl :D , Kepoin info tentang Toefl. Dari skor, jml soal, durasi mengerjakan, & aturan mainnya untuk tiap jenis tes Toefl, dll.

GRAMMAR
“GRAMMAR. What do think / know about grammar?”
            Grammar tidak selalu tentang tenses, grammar tentang berbagai hal. Selalu ingat bahwa setiap kalimat selalu mempunyai Subyek(subject) dan Predikat(Verb). Dalam mengerjakan toefl selalu perhatikan Subyek dan Predikat. Subyek kebanyakan “nouns” or “pronouns”. Verb kebanyakan present participle (without the verb be) dan past participle (without the verb be/have).

CONNECTOR
Selanjutnya dalam Toefl, Ada yg namanya connector. Connector ini menghubungkan klausa dengan klausa dalam satu kalimat. Example: and, but, if, because, etc. Dalam setiap kalimat bahasa inggris sedikitnya menggunakan 1 clausa dan kalau lebih dari 1 klausa biasanya menggunakan connector.

KLAUSA (CLAUSES)
Klausa (clauses) ada 2 jenis yaitu : (1) adjective clause (menerangkan subjek atau kata benda sebelumnya,tanpa menggunakan connectors), (2) adverb clause: yang bisa reduce di pada adverb clause adalah subjek dan to be. Tapi kalo subjeknya sama.

 “Toefl itu nggak instan, toefl itu seperti kopi tubruk, membutuhkan proses, Jadi Kalo belajar Toefl, akan lebih baik kalau belajarnya dimulai dari 1 tahun sblm target tes Toefl berlangsung” pesan miss Mima :)

Dan miss mima menutup kelas dengan sesi tanya jawab, latihan soal dan kuis berhadiah. (WP)




You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter