#AkberSMG46 "Build Your Brand"
Monday, October 28, 2013
Kelas #AkberSMG46 yang dilaksanakan pada hari Selasa, 16 April 2013
telah berjalan dengan lancar, seru dan peserta juga terlihat sangat antusias.
Pak guru kali ini adalah @ayipbali dan @Handoko_H atau yang biasa kita sapa
dengan Mas Han. Di kelas #AkberSMG46, guru kita berbagi ilmunya di bidang
Branding, yaitu dengan tema “Build Your Brand”.
Seperti yang dikatakan oleh guru kita, bahwa brand bisa membangun sebuah
conversation yang bermakna bagi fans / komunitas. Untuk memulai sebuah
conversation dibutuhkan modal percakapan (conversation capital), merancang
conversation di sosial media yang mampu memberi makna bagi audience sangatlah
penting dan hal yang perlu diperhatikan di awal dari percakapan adalah
biografi.
Di era saat ini, orang bisa melakukan sesuatu dari rumah, dengan memanfaatkan
teknologi yang semakin maju. Blog/ website adalah cara termurah untuk
mempromosikan diri sendiri (market yourself), dalam bahasan lainnya, terdapat
statement “community is the brand”, artinya saat ini eranya adalah era
komunitas. Sekarang ini bukan lagi yang besar mengalahkan yang kecil, tetapi
yang cepat mengalahkan yang lambat.
Trend leverage : isu lingkungan bisa menjadi trend, dan masih banyak lagi.
Kekuatan storrytelling sangat dahsyat di era digital ini. Storry telling adalah
hal yang fundamental di era marketing saat ini. Contohnya adalah Mellisa dengan
brand “Tulisan”, belajar dari kenangan masa lalu yang sarat dengan unsur
tradisional bisa diciptakan sebuah ide baru yang menakjubkan.
Di era digital juga penting sekali ada kegiatan offline, seperti pameran atau
kegiatan lainnya. karena saat ini eranya adalah membangun brand secara
personal. Bangunlah storrytelling yang bagus, bikin, dan lakukan. Sebarkanlah
story yang bermakna, karena sekarang ini adalah era sharing. You are what : you share, you choose, you follow. Share-lah sesuatu yg menjadi obsesi kita.
Dou it your culture. Start a company when you’re obsessed with
an idea. Think small, big act. Kekuatan komunitas adalah kunci, dengan kata
lain hal itu sangatlah penting. Ketika memulai membangun brand, tidak hanya
dibutuhkan tulisan saja, tetapi dibutuhkan ide dan tulisan. Brand itu sendiri
berperan sebagai kurator. Selain dengan storrytelling, sebuah brand bisa
dibangun dari produk itu sendiri dan passion.
0 komentar