Kelas 147 - Creative Sharing To Your Content Oleh Mas Ghodam Eko

Thursday, March 08, 2018

CREATIVE SHARING TO YOUR CONTENT Kehidupan zaman sekarang tidak akan lepas dari yang namanya media sosial. Media sosial adalah sebuah platform online untuk berekspresi dan berkreasi. Media sosial ibarat mata uang logam yang punya 2 sisi, media sosial dapat menjadi tempat untuk menyebarkan hal-hal positif, atau sebaliknya. 


Godham Eko Saputro merupakan salah seorang dosen, digitalpreneur, dan seorang social media strategist. Mas Godham melihat peluang bahwa media sosial memiliki andil yang besar untuk menyebarluaskan gagasan, karya seni, maupun informasi. Mas Godham telah berpengalaman dalam mengelola beberapa akun media sosial milik perusahaan, yang salah satunya menggunakan media sosial Instagram. Sebagai social media strategist, Mas Godham tidak bekerja sendiri. Beliau memiliki tim, ada yang bertugas sebagai content creator, photographer, videographer, dan administrator. 

Hal yang penting dalam mengelola sebuah media sosial adalah konten/isi yang hendak dibagikan. Setiap akun/profil memuat konten yang berbeda satu dengan lain. Misalnya untuk akun online shop akan berbeda dengan akun pribadi yang digunakan untuk personal branding. Setiap konten yang dibagikan harus senantiasa diperbaharui dan kreatif, agar tetap mengikat para pengguna di media sosial. Berikut Mas Ghodam membagikan beberapa tips & trick dalam mengelola media sosial: 

1. Pisahkan Akun Pribadi dan Akun Bisnis Dengan memisahkan akun pribadi dan bisnis akan menghindari tercampurnya konten-konten untuk tujuan bisnis dan urusan pribadi. Pemisahan ini bertujuan agar para pengikut tidak bingung dalam membaca informasi yang dibagikan. Selain itu juga untuk menjaga konsistensi dan kualitas konten dari sebuah akun media sosial. 

2. Zero to Viral Pembuatan konten dengan mengaitkannya terhadap isu-isu yang sedang viral saat ini. Demikian, informasi yang dibagikan akan lebih menarik dan mudah diterima. 

3. Trivia (kuis online/permainan pertanyaan) Kuis adalah salah satu cara untuk menarik perhatian pengguna media sosial yang disertai dengan hadiah/reward untuk mendapatkan timbal balik dari para pengikut. 

4. Endorse via Selebgram Salah satu cara mempromosikan usaha/bisnis/barang dagangan adalah dengan cara mengendorse selebgram. 

5. Life Hack Tools Salah satu konten kreatif yang dapat dibagikan adalah tentang cara-cara mudah dan sederhana dalam mengatasi suatu permasalahan teknis. Konten ini dapat memberikan edukasi terhadap pengikutnya. 

6. Greetings & Quotes Greetings & Quotes menjadi salah satu konten yang dapat dibagikan dengan harapan memotivasi dan menyemangati para pengikutnya. 

7. Visual Story Telling Visual story telling dapat berupa komik, atau cerita bergambar lainnya agar lebih menarik dan mudah dibaca. 

8. Tutorial Tutorial atau prosedur-prosedur akan suatu hal dapat menjadi salah satu varian konten di media sosial. Misalnya tutorial mengenakan hijab, tutorial memasak ayam saus mentega, dll. Tutorial dapat berupa gambar dan video. 

 Creative Sharing melalui konten adalah kekuatan dalam mengelola media sosial. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membagikan konten: 

1. Kualitas Konten Kualitas konten harus senantiasa sesuai dengan sasaran pengguna media sosial, kreatif, menarik, dan up to date. 

2. Pemilihan Waktu Posting Beberapa postingan memiliki waktu-waktu tertentu yang cocok untuk dibagikan. Misalnya untuk konten Greetings & Quotes akan lebih mendapat perhatian dari pengguna saat pagi hari setelah bangun tidur atau sebelum tidur. 

3. Frekuensi Posting Perlu direncanakan berapa kali postingan dilakukan dalam sehari. 

4. Caption & Hashtag Caption atau keterangan diperlukan untuk menjelaskan informasi apa yang hendak dibagikan. Hashtag (tagar) membantu sebuah postingan untuk mudah ditemukan. 

Media sosial apabila dikelola dengan baik dan benar dapat menjadi wadah yang bermanfaat baik untuk tujuan profit maupun nonprofit. Melalui creative sharing, diharapkan akberians dapat lebih bijak dalam menggunakan media sosialnya untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter