Kelas 144 - Menggali Cerita, Kenali Kota Oleh M. Yogi Fajri

Thursday, December 28, 2017

M Yogi Fajri adalah Ketua Komunitas Lopen Semarang. Materi kelas yang diberikan mengenai Sejarah Kota Semarang. Siapa sih yang tidak kenal dengan "Kota Semarang?" Pasti banyak yang tau kan. Tapi, berapa banyak sih dari kalian yang tahu sejarah Kota Semarang?
Berbagai peranan lintas era menjadikan Semarang kota tujuan banyak orang; pusat dagang, kota pemerintahan, hingga menjadi inkubator pendidikan. Tak heran jika masyarakatnya terbentuk atas kemajemukan.
Hingga kini, banyak bangunan sejarah masa lalu di Kota Semarang yang masih bisa kita nikmati estetikanya sampai sekarang. Bahkan, kini Semarang memperkenalkan berbagai "warisan arsitektur" menjadi obyek wisata.
Hingga, Yogi Fajri dan sekumpulan anak muda lainnya membentuk Komunitas Lopen. 

Komunitas ini memperkenalkan sejarah Kota Semarang dengan cara yang berbeda yaitu dengan "laku lampah," menyusuri tempat-tempat yan meninggalkan banyak kisah sejarah Kota Lunpia ini.
Banyak sekali sejarah yang tersimpan dan akhirnya bias terkuak satu-demi satu, bahkan mas Yogi juga pernah menjadi orang yang berhasil menguak silsilah sebuah keluarga karena kecintaannya pada sejarah yang dituangkan dalam sebuah blog pribadinya.
Kota Semarang sangat unik dan khas, sejarahnya apabila diulas tidak akan pernah ada habisnya bahkan akan terus ada fakta-fakta yang menarik mengenai hal tersebut. Kelas kemarin mengulas beberapa tempat yang dulunya menjadi pertahanan Kota Semarang terutama benteng yang mengelilingi Kota Semarang diarea pesisir.
Mas Yogi juga sedikit menjelaskan mengenai Negara Suriname kenapa berisi orang Jawa dan jawabannya karena dulu orang jawa khususnya orang Semarang untuk mengelabui dan menghindari jajahan Belanda mereka ikut orang Suriname untuk mencari keamanan.
Selain itu, mas Yogi juga menjelaskan daerah Kota Semarang yang dipetak-petakan sesuai dengan kasta tertinggi sampai terendah dan hingga saat ini pun daerah tersebut juga masih ada dan bias dilihat perbedaannya terutama dari bangunan yang sudah berubah lebih bagus.
Kemarin mas Yogi juga memberikan sedikit informasi ke akberians apabila menginginkan sesuatu yang berkaitan dengan sejarah bias membuka situs diantaranya :
  1. www.delpher.nl
  2. Semarang.nl
  3. Collective.wereldculturen.nl
  4. Colonialarchitecture.eu
Itu beberapa situs yang bias dibuka untuk mengetahui sejarah dari berbagai Negara. Dan Mas Yogi juga mengajarkan akberians untuk mencari sebuah peta lawas dari berbagai daerah di Indonesia sampai yang terpencil sekalipun melalui situs maps.library.leiden.edu
Tetep cintai sejarah dan jangan pernah lupa akan sejarah kita terutama sejarah Kota Kelahiran kita yang wajib kita lestarikan.

You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter