Review #AkberSMG118 “Creative Proposal Content” with Lingga Kusuma

Friday, September 09, 2016

Semarang, 8 September 2016
PIPM Semarang Jl. M.H. Thamrin No. 158

Kelas #AkberSMG188 ini membahas tentang membuat proposal event yang kreatif, tidak hanya untuk membuat proposal yang menarik tetapi tentu saja dengan tujuan untuk mendapatkan apa yang ditawarkan dalam proposal tersebut. Hal yang diajarkan pada guru Kelas #AkberSMG118 ini yaitu Mas Lingga Kusuma sharing mulai dari mencari source untuk membuat sebuah proposal hingga bagaimana cara komunikasi dan komitmen atas kerjasamanya.

Do your homework.
Tugas pertama sebagai dasar acuan pembuat proposal yaitu cari semua informasi pendukung. Informasi dapat berupa apa saja selama itu berkaitan dengan acara kita, kebutuhan kita, dan keinginan dari perusahaan.
Sebuah perusahaan pada dasarnya tidak membutuhkan proposal dari kita, maka yang perlu dilakukan adalah meyakinkan perusahan menjadi hal yang sangat penting. Gunakan rumus “5W1H” dalam menyusun konten kita. Rumus ini dibuiat sesuai kebutuhan kita dan kebutuhan perusahaan, baik berupa data-data informasi.

Numbers does speak.
Materi yang biasa digunakan kini seperti infografis, yaitu informasi berupa data statistic yang dibuat bergambar sehingga menjadi informasi yang menarik dan eye catching! Buat perusahaan menganggap perlu mendapatkan apa yang disajikan proposal kita, seperti hal yang dapat meningkatkan brand awareness perusahaan.

Design.
Bagaimana dengan desain proposal? Tidak semua proposal yang mendapatkan kontrak kerjsama dengan perusahaan memiliki proposal yang bagus, tetapi cukup menarik untuk perusahaan. Isi proposal atau konten dan penyampaian yang menarik akan menjadi penting dan tentu saja didukung dengan design proposal yang juga menarik!
Setelah selesai dengan materi atau proposal, persiapkan diri untuk mendapat panggilan dari perusahaan!
----------

Persuasive.
Menarik pihak perusahaan untuk mendengarkan dan menyampaikan apa yang kita utarakan tidak hanya dengan penampilan tetapi bahasa yang baik dan sikap yang baik. Good language and good attitude ya! Diskusi dengan pihak perusahaan perlu memperhatikan apa yang perlu dan tidak untuk diutarakan. Jangan katakana apa yang ingin kamu katakana, tapi katakana apa yang kamu butuhkan. Kembali lagi pada poin sebelumnya bahwa perusahaan sebenarnya tidak membutuhkan proposal kita, namu ketika kita sudah mendapatkan panggilan kita hanya perlu meyakinkan lagi tentang tawaran kita. Persuasive menjadi hal yang penting.

Be active, open mind, listen others.
Aktiflah berdiskusi, dengarkan apa yang disampaikan perusahaan. Hal yang disampaikan perusahaan perlu menjadi perhatian kita, maka catat poin-poin pentingnya. “Ok to negotiate, yet get your partner’s insight on future win-win solution”, Lingga. Poin-poin penting yang disampaikan perusahaan dapat dijadikan bahan bagi kita untuk memperbaiki tawaran kita selanjutnya.

Always see the big picture.
Lihat secara luas hal-hal apa saja yang dapat kita tawarkan ke perusahaan dan apa yang sedan perusahan butuhkan, misalnya untuk brand awareness mereka. Catat daftar tujuanmu sesuaikan dan maksimalkan, diantaranya marketing, growth, communication, sales, partnership, design.
Banyak hal-hal kecil yang terlewat dalam menyiapkan tawaran, misalkan saja kita membutuhkan bantuan promosi event kita dan sementara perusahaan tersebut memiliki billboard. Jumlah peserta atau jumlah keseluruhan mahasiswa di lingkup kampus kita yang tidak hanya berhenti pada satu-dua fakultas tertentu. Hal-hal yang sudah menjadi positioning masyarakat mengenai event kita atau mengenai lingkup event kita berada.

Deal is a commitment. Trust is the currency.
Kerjasama dengan perusahaan dan membuat persetujuan adalah suatu komitmen. Komitmen ini sangat bermanfaat bagi kelaangsungan kita, bisa saja pengajuan proposal kerjasama kita berhenti pada satu evtnt saja atau bisa saja menjadi jalan untuk event kita selanjutnya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan, Good reporting, good analytic, make a good partnership.
Kunci terakhir dalam proses pengajuan penawaran kita yaitu… Do Pray. 



You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter