#AkberSMG99 - Copywriting : Jualan dengan Modal Kata

Saturday, December 05, 2015

Semarang, 5 Desember 2015
Menawarkan barang/jasa dengan kata-kata agar laku dijual sekilas terdengar mudah. Mencantumkan informasi, harga barang/jasa, kegunaannya, cara mendapatnya, selesai. Namun apa yang terjadi? Tidak ada satu pun yang melirik produk/jasa yang kita tawarkan. Mengapa bisa begitu? Melakukan penjualan itu tak mudah, apalagi hanya bermodalkan teks, gambar atau video. Dibutuhkan teknik membuat ‘iklan’ yang mampu menghipnotis orang tidak hanya ‘ingin’ membeli tetapi ‘harus’ membeli produk/jasa kita.   Dengan teknik copywriting yang tepat, produk/jasa yang kita tawarkan niscaya mendapat respon tinggi.


Diakber Semarang yang ke99 ini kita diajar oleh Nino Khariyani. Materi yang akan diajarkan antara lain adalah media kampanye, strategi pesan, dan 20 kata ampuh untuk iklan.
Media kampanye pada umumnya terdiri dari 3 jenis, yang pertama yaitu media above the line media jenis ini lebih memanfaatkan media masa dan memerlukan biaya sewa agar iklan tersebut dapat ditayangkan melalui media masa tersebut serta. Contohnya iklan di televisi, surat kabar, majalah, baliho, internet banner.
Yang kedua adalah media below the line. Media yang digunakan untuk membantu promosi  atau publikasi ditingkat retail. Tujuannya adalah merangkul konsumen agar menyadari keberadaan suatu produk. Contohnya seperti : Leaflet, folder, brosur, merchandise, stiker, poster, dll.
Yang ketiga ambient media salah satu media terbaru dalam dunia periklanan atau promosi.
Media kampanye jenis ini punya cara bertutur yang berbeda dibanding media promosi konvensional. Misalnya semangat : memberikan pengalaman tak terlupakan kepada khalayak umum. Berusaha menggugah emosi khalayak dengan mengangkat ide yang lucu, horror, menjijikkan, dan bentuk ekspresi emosional lainnya.
Selanjutnya masuk ke materi strategi pesan. Dalam materi strategi pesan memiliki beberapa unsur. Yang pertama Promote Brand Recall untuk meningkatkan brand awareness produk/merek dalam benak audience.
metode yang digunakan antara lain Repetition Ads yaitu pengulangan iklan untuk mengikat sehingga
Slogan and jingle ads yaitu iklan yang menggunakan slogan atau jingle sebagai pengikat. Yang kedua yaitu Link Key Attributes to the Brand Name. Strategi jenis ini lebih fokus pada keunikan suatu produk, merek sebagai pesan utama yang disampaikan kepada audience. Metode yang digunakan : menonjolkan unique selling preposition produk yang sedang dipromosikan. Selanjutnya yang ketiga Persuade the Consumer. Tujuan pada strategi ini membujuk audience melakukan sesuatu yang diinginkan si pembuat pesan.Metode  yang digunakan : Reason Why Ads (ungkap fakta dan alasan),Hard-sell ads (cantumkan harga, potongan harga, masa berlaku promosi),Comparison Ads (membandingkan dg produk pesaing),Testimonials Ads (pernyataan konsumen yg puas terhadap produk), Demonstration Ads (demo keunggulan / keunikan produk)Infomercial ( presentasi keunggulan produk).
Yang keempat  Affective Association. Strategi yang digunakan melibatkan perasaan atau emosi audience dan mencocokkan emosi tersebut dg barang/jasa yang akan dipromosikan.
metode :Feel good ads (proyeksi emosi audience, barang/jasa terlihat baik), Humor ads (iklan dg unsur humor), Sex Appeal ads (menambah unsur ketertarikan seksual).
Selanjutnya kita langsung masuk ke materi selanjutnya adalah 20 kata ampuh.
1. Menabjubkan. Contoh : Penginapan terbaik. Menghadao langsung kepemandangan MENABJUBKAN.
2. PROMO. Contoh : Dapatkan PROMO terbatas. Hanya ditoko kami.
3. Bonus. Contoh : Beli ditoko kami. Dapatkan BONUS tertentu.
4. Complete. Contoh : Pakat COMPLETE. Untuk makan siang anda.
5. Mudah. Contoh : Cara MUDAH dan aman belanja online ditoko kami.
6. Nikmati. Contoh : NIKMATI suasana sejuk di caffe kami.
7. Lucu. Contoh : Souvenir LUCU bikin kamu betah dikamar.
8. Menggugah. Contoh : Temukan disini rasa yang MENGGUGAH selera anda.
9. Sksklusif. Contoh : EKSKLUSIF hanya 10 di Indinesia.
10. Asli. Contoh ; Madu hutan ASLI langsung dari sarangnya.
11. Garansi. Contoh : Dapatkan GARANSI distributor bonus GARANSI toko. Hanya disini.
12. Segera. Contoh : Beli SEGERA stok terbatas.
13. Instan. Contoh : Ingin kulit anda putih secara INSTAN secara alami ? Dapatkan hanya ditoko kami.
14. Sangat Menarik. Contoh : Hanya ditempat kursus kami, dapatkan materi yang SANGAT MENARIK.
15. Perfect. Contoh : Barang berkualitas, bonus melimpah. PERFECT !
16. Aman. Contoh : Pastikan paket anda AMAN ditangan kurir kami.
17. Hemat. Contoh : Dapatkan harga spesial ditoko kami. Anda HEMAT 25%.
18. Solusi. Contoh : Ganti cat setiap tahun ? Kami SOLUSInya.
19. Spesial. Contoh : Dapatkan harga SPESIAL jika bergabung hari ini.
Yang terakhir yaitu Lezat. Contohnya seperti : Temukan keLEZATan disetiap menu pesanan anda.



You Might Also Like

0 komentar

About Us



Sugeng Rawuh

di laman Akademi Berbagi Semarang.


Kami adalah sebuah Gerakan Berbagi yang membuat kelas tatap muka untuk mempertemukan murid dengan guru secara rutin dan Gratis. Berbagi Bikin Happy!

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter