#AkberSMG99 - Copywriting : Jualan dengan Modal Kata
Saturday, December 05, 2015
Semarang, 5 Desember 2015
Menawarkan barang/jasa dengan kata-kata agar
laku dijual sekilas terdengar mudah. Mencantumkan informasi, harga barang/jasa,
kegunaannya, cara mendapatnya, selesai. Namun apa yang terjadi? Tidak ada satu
pun yang melirik produk/jasa yang kita tawarkan. Mengapa bisa begitu? Melakukan
penjualan itu tak mudah, apalagi hanya bermodalkan teks, gambar atau video.
Dibutuhkan teknik membuat ‘iklan’ yang mampu menghipnotis orang tidak hanya
‘ingin’ membeli tetapi ‘harus’ membeli produk/jasa kita. Dengan teknik copywriting yang tepat,
produk/jasa yang kita tawarkan niscaya mendapat respon tinggi.
Diakber Semarang yang ke99 ini kita diajar oleh
Nino Khariyani. Materi yang akan diajarkan antara lain adalah media kampanye,
strategi pesan, dan 20 kata ampuh untuk iklan.
Media kampanye pada umumnya terdiri dari 3 jenis,
yang pertama yaitu media above the line media jenis ini lebih
memanfaatkan media masa dan memerlukan biaya sewa agar iklan tersebut dapat
ditayangkan melalui media masa tersebut serta. Contohnya iklan di televisi,
surat kabar, majalah, baliho, internet banner.
Yang kedua adalah media below the line.
Media yang digunakan untuk membantu promosi
atau publikasi ditingkat retail. Tujuannya adalah merangkul konsumen
agar menyadari keberadaan suatu produk. Contohnya seperti : Leaflet, folder, brosur, merchandise, stiker, poster,
dll.
Yang ketiga ambient media salah satu media terbaru dalam
dunia periklanan atau promosi.
Media kampanye jenis ini punya cara bertutur yang berbeda dibanding
media promosi konvensional. Misalnya semangat
: memberikan pengalaman tak terlupakan kepada khalayak umum. Berusaha
menggugah emosi khalayak dengan mengangkat ide yang lucu, horror, menjijikkan,
dan bentuk ekspresi emosional lainnya.
Selanjutnya masuk ke materi strategi pesan. Dalam materi strategi pesan
memiliki beberapa unsur. Yang pertama Promote Brand
Recall untuk meningkatkan brand awareness
produk/merek dalam benak audience.
metode
yang digunakan antara lain Repetition Ads yaitu pengulangan
iklan untuk mengikat sehingga
Slogan
and jingle ads yaitu iklan yang menggunakan slogan atau jingle sebagai pengikat. Yang kedua yaitu Link Key Attributes to the Brand
Name. Strategi
jenis ini lebih fokus pada keunikan suatu produk, merek sebagai pesan
utama yang disampaikan kepada audience. Metode yang digunakan : menonjolkan unique selling preposition produk yang
sedang dipromosikan. Selanjutnya yang ketiga Persuade
the Consumer. Tujuan
pada strategi ini membujuk
audience melakukan sesuatu yang diinginkan si pembuat pesan.Metode
yang digunakan : Reason
Why Ads (ungkap fakta dan alasan),Hard-sell
ads (cantumkan harga, potongan harga, masa berlaku promosi),Comparison
Ads (membandingkan dg produk pesaing),Testimonials
Ads (pernyataan konsumen yg puas terhadap produk), Demonstration
Ads (demo keunggulan / keunikan produk)Infomercial ( presentasi keunggulan
produk).
Yang keempat Affective Association. Strategi yang digunakan melibatkan perasaan atau emosi audience dan
mencocokkan emosi tersebut dg barang/jasa yang akan dipromosikan.
metode
:Feel good ads (proyeksi emosi audience, barang/jasa terlihat baik), Humor
ads (iklan dg unsur humor), Sex Appeal ads
(menambah unsur ketertarikan seksual).
Selanjutnya kita langsung masuk ke materi selanjutnya adalah 20 kata ampuh.
1. Menabjubkan. Contoh : Penginapan terbaik. Menghadao langsung kepemandangan
MENABJUBKAN.
2. PROMO. Contoh : Dapatkan PROMO terbatas. Hanya ditoko kami.
3. Bonus. Contoh : Beli ditoko kami. Dapatkan BONUS tertentu.
4. Complete. Contoh : Pakat COMPLETE. Untuk makan siang anda.
5. Mudah. Contoh : Cara MUDAH dan aman belanja online ditoko kami.
6. Nikmati. Contoh : NIKMATI suasana sejuk di caffe kami.
7. Lucu. Contoh : Souvenir LUCU bikin kamu betah dikamar.
8. Menggugah. Contoh : Temukan disini rasa yang MENGGUGAH selera anda.
9. Sksklusif. Contoh : EKSKLUSIF hanya 10 di Indinesia.
10. Asli. Contoh ; Madu hutan ASLI langsung dari sarangnya.
11. Garansi. Contoh : Dapatkan GARANSI distributor bonus GARANSI toko. Hanya
disini.
12. Segera. Contoh : Beli SEGERA stok terbatas.
13. Instan. Contoh : Ingin kulit anda putih secara INSTAN secara alami ?
Dapatkan hanya ditoko kami.
14. Sangat Menarik. Contoh : Hanya ditempat kursus kami, dapatkan materi yang
SANGAT MENARIK.
15. Perfect. Contoh : Barang berkualitas, bonus melimpah. PERFECT !
16. Aman. Contoh : Pastikan paket anda AMAN ditangan kurir kami.
17. Hemat. Contoh : Dapatkan harga spesial ditoko kami. Anda HEMAT 25%.
18. Solusi. Contoh : Ganti cat setiap tahun ? Kami SOLUSInya.
19. Spesial. Contoh : Dapatkan harga SPESIAL jika bergabung hari ini.
Yang terakhir yaitu Lezat. Contohnya seperti : Temukan keLEZATan disetiap
menu pesanan anda.
0 komentar